Ladon Little Island: Keajaiban Alam Tropis yang Menakjubkan di Magelang

Ladon Little Island: Keajaiban Alam Tropis yang Menakjubkan di Magelang
Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Margonodadi, Candirejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Sangat sayang jika waktu libur akhir pekan hanya di rumah saja. Anda bisa menghabiskan waktu akhir pekan dengan berlibur ke suatu destinasi wisata yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Ladon Little Island adalah salah satu tempat wisata yang sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat sekitar Magelang karena tempat ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana ala pantai.

Daya Tarik yang Ada di Ladon Little Island

1. Pasir Putih

Asal usul Ladon yaitu berasal dari kata ‘ledu’ dalam bahasa Jawa yang artinya lumpur atau pasir yang terbawa aliran sungai, sedangkan Little Island berarti pulau kecil. Hal ini dikarenakan tempat ini akan terlihat kecil dan nampak seperti pulau kecil apabila dilihat dari ketinggian.

Shopee Terbaru

Saat musim kemarau, akan muncul bentangan pasir putih khas pantai yang luas. Pasir ini mengelilingi tepian Sungai Progo. Gundukan pasir putih tersebut menutupi seluruh lahan di pematang Sungai Progo yang mengering ketika musim kemarau tiba, sepanjang 100 meter dengan lebar 20 meter.

2. Keindahan Alam yang Menakjubkan

Selain pasir putih khas pantai, Ladon Little Island juga menyuguhakn pemandangan yang luar biasa. Destinasi wisata ini terletak di pinggiran Sungai Progo, membuat para wisatawan dapat menikmati tenangnya aliran sungai tersebut.

Tak hanya itu, dari tempat ini Anda bisa menikmati pemandangan dari Pegunungan Menoreh yang amat indah. Perpaduan kedua pemandangan tersebut sangat menakjubkan, sehingga banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini. Ditambah lagi dengan pasir putih yang lembut membuatnya terasa seperti di pantai.

Alamat & Rute Menuju Wisata Ladon Little Island

Alamat & Rute Menuju Wisata Ladon Little Island
Foto: Facebook/Alie van Aliya

Ladon Little Island terletak di Dusun Sangen, Desa Candirejo, Magelang, Jawa Tengah. Tempat ini terletak di pinggiran Sungai Progo. Destinasi wisata ini merupakan pematangan dari Sungai Progo yang mnegering saat musim kemarau tiba. Namun, uniknya adalah di pinggiran sungai tersebut terdapat hamparan pasir putih layaknya sedang berada di pantai pada umumnya.

Baca Juga:  Pesona Punthuk Mongkrong Magelang: Menikmati Keindahan Panorama di Ketinggian

Tak hanya itu, tempat ini juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Mulai dari pemandangan air Sungai Progo yang tenang, hingga pemandangan menakjubkan dari Pegunungan Menoreh. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan berdatangan untuk menikmati keindahan tersebut.

Untuk menuju tempat ini, para wisatawan bisa melewati Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Candirejo. Di Balkondes tersebut akan terdapat sebuah papan petunjuk arah yang mengarahkan Anda hingga sampai di pinggiran Sungai Progo. Anda bisa menempuh jarak sekitar 500 meter dari Balkondes untuk menuju destinasi wisata ini.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Ladon Little Island

1. Penyewaan Kuda dan Perahu

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di Ladon Little Island adalah berkuda. Tempat ini menyediakan fasilitas penyewaan kuda untuk para wisatawan yang ingin mengelilingi gundukan pasir putih. Untuk biaya sewa kuda, Anda cukup membayar sebesar 20 ribu rupiah.

Selain penyewaan kuda, di tempat ini para wisatawan juga bisa menyewa perahu untuk menyusuri Sungai Progo. Di atas perahu, Anda bisa menikmati hamparan pasir putih, air sungai hijau kebiruan yang tenang, serta pemandangan dari Pegunungan Menoreh yang sangat elok. Untuk biaya sewa perahu di tempat ini yakni sebesar 40 ribu rupiah.

2. Spot Foto Instagramable

Di setiap tempat wisata, pasti akan ada spot foto yang bisa digunakan oleh para wisatwan. Di Ladon terdapat beberapa spot foto keren karena Pemandangan pegunungan yang sangat luar biasa. Sehingga menjadi spot paling popular di kalangan wisatawan. Anda juga bisa berfoto seperti di pantai dengan view pasir putih.

Banyak wisatawan yang mengambil foto saat melakukan kegiatan di wisata eksotis ini. Pada saat berkuda, Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang pasir putih dan Pegunungan Menoreh yang sangat indah. Dan saat di atas perahu, Anda juga bisa mengabadikan momen tersebut.

3. Wisata Kuliner

Tempat ini berdekatan dengan wisata kuliner yakni Pasar Klathakan. Pasar Klathakan adalah suatu pasar yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sekaligus meningkatkan daya tarik bagi para wisatawan. Di dalam pasar ini terdapat 12 lapak yang khusus menjual kuliner khas dari dusun Candirejo.

Baca Juga:  Telaga Bleder Magelang: Mengungkap Keindahan Tersembunyi di Balik Air Biru Jernih

Salah satu keunikan pasar ini adalah setiap wisatawan yang ingin membeli harus menggunakan koin khusus yang disediakan sebagai sarana jual beli dan dapat ditukar disekitar tersebut.

Satu koin di Pasar Klathakan memiliki nilai setara dengan dua ribu rupiah. Sehingga apabila ingin membeli jajanan di pasar tersebut, pengunjung harus menukarkan uang rupiah dengan koin Pasar Klathakan terlebih dahulu.

Fasilitas Memadai yang Ada di Wisata Ladon Little Island

Fasilitas Memadai yang Ada di Wisata Ladon Little Island
Foto:Facebook/AwanTenggar

Tempat wisata ini sangat diminati banyak orang untuk berlibur di akhir pekan. Tiket masuk tempat ini cukup terjangkau yakni sebesar dua ribu rupiah per orang. Destinasi wisata Ladon menyediakan fasilitas umum yang cukup lengkap.

Kredivo Terbaru

Beberapa di antaranya yaitu tempat parkir yang luas. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir sebesar dua ribu rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobi dikenakan biaya parkir sebesar lima ribu rupiah. Selain itu, tempat ini juga telah menyediakan toilet yang bersih.

Destinasi wisata yang terletak di Magelang ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang bisa digunakan wisatawan untuk menikmati keindahannya. Fasilitas tersebut yakni penyewaan perahu untuk menyusuri Sungai Progo, penyewaan kuda, dan terdapat wisata kuliner khas dusun setempat.

Nah itu tadi, penjelasan seputar destinasi wisata di Magelang yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama teman dan keluarga. Tempatnya yang tak jauh dari jalan raya, sejuk, dan pelayanan yang ramah membuat banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini. Selain itu, akses menuju destinasi wisata ini sangat mudah dan harga tiket masuk juga terjangkau.

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Rekomendasi