Telaga Bleder Magelang: Mengungkap Keindahan Tersembunyi di Balik Air Biru Jernih

Telaga Bleder Magelang: Mengungkap Keindahan Tersembunyi di Balik Air Biru Jernih
Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bleder, Ngasinan, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Telaga Bleder ialah destinasi wisata yang menyajikan berbagai hal menarik untuk dijadikan sebagai tempat wisata alam yang nyaman. Asal mula dijadikannya telaga ini sebagai tempat wisata yaitu karena visi menghadirkan tempat wisata Magelang yang cocok untuk berbagai kalangan. Berikut alasan kenapa telaga ini sempurna dijadikan sebagai destinasi wisata semua kalangan.

Daya Tarik dari Telaga Bleder di Magelang

1. Nuansa Alam yang Hijau dan Asri

Salah satu daya tarik dari telaga ini yaitu tema wisata alam yang diterapkannya. Perlu diketahui bahwa telaga ini terletak di kawasan alam terbuka dengan pemandangan alam berupa gunung Andong yang sangat jelas. Memang telaga ini tidak terlalu luas tapi pepohonan di sekelilingnya menambah nilai keasrian tersendiri pada kawasan ini.

2. Kolam Ikan dengan Air Tenang

Selain panorama yang indah, telaga ini memiliki kolam ikan berwarna hijau dengan air yang tenang. Sebagian besar anak kecil senang saat berada di tempat ini karena mereka mendapatkan kesempatan memberi makan ikan-ikan. Sehingga, kegiatan berlibur di Telaga bernama Bleder ini cocok sebagai wisata keluarga.

Shopee Terbaru

3. Wahana Seru

Sebagian besar para wisatawan mengunjungi tempat ini karena adanya wahana seru yang patut dicoba. Dengan begitu, anda tidak hanya menikmati keindahan alam di sekitar tapi anda juga sekaligus dapat mencoba keseruan bermain wahana-wahananya, seperti becak air dan perahu mesin. Namun, untuk menaikinya, anda dikenakan biaya tiket tambahan.

4. Budaya Desa yang Kental

Hal yang membuat telaga ini beda dari telaga yang lain yaitu budayanya. Menariknya, Desa lokasi ini yang bernama Ngasinan menjunjung tinggi budaya dalam melestarikan alam sekitar. Hal ini sudah terkenal sejak zaman dahulu sekitar zaman Kerajaan Mataram. Adapun tradisi yang dapat dinikmati yaitu pesta menangkan ikan di telaga dengan masyarakat.

Tradisi menangkap ikan ini ialah tanda syukur terhadap anugerah alam yang diberikan Tuhan kepada manusia. Tidak heran jika alam daerah ini terjaga dengan baik. Akan tetapi, acara ini hanya berlangsung pada momen tertentu saja dan tidak setiap hari. Jika cukup beruntung, anda bisa menikmati keseruan acara ini.

Baca Juga:  Candi Selogriyo: Menyaksikan Keindahan Spiritual di Puncak Lereng Gunung

Rute dan Alamat Menuju Telaga

Rute dan Alamat Menuju Telaga
Foto: Twitter/Telaga Bleder

Sebelum berangkat mengunjungi destinasi wisata, lokasi tempat wajib diketahui agar tidak tersesat atau terjadi kekeliruan di tengah perjalanan. kawasan telaga ini berada di Dusun Bleder, Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Jarak dari Alun-alun kota Magelang ke telaga ini yaitu 22km sehingga membutuhkan waktu perjalanan selama 43 menit.

Lokasi ini sangat cocok dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin melepas penat akan kesibukkan. Disini, anda akan menjumpai berbagai tumbuhan dan pepohonan yang hijau sehingga udara sekitar terasa segar dan sejuk. Apalagi, panorama Gunung Andong dan bukit-bukit kecil yang menambah nuansa alam eksotis.

Jarak yang perlu ditempuh dari Pasar Grabag dinilai sangat dekat. Hanya dengan 3 km dan waktu kira-kira 7 menit saja, anda sudah sampai di kawasan wisata ini. Di tengah perjalanan pun, anda akan dimanjakan oleh panorama khas pedesaan yang mempesona serta jauh dari keramaian perkotaan. Anda pun tidak perlu khawatir akan akses jalannya karena mudah dilalui.

Kegiatan Seru di Danau Bleder

1. Menikmati Keindahan Alam

Seperti yang diketahui bahwa Danau Bleder menyediakan nuansa alam yang eksotis dan menyejukkan mata. Dengan begitu, anda bisa menikmati keindahannya sambil berduduk santai di gazebo yang sudah disediakan di sekitarnya. Tentunya, kegiatan berlibur akan terasa menenangkan dan menyegarkan pikiran kembali.

2. Mengelilingi Danau

Kegiatan yang tidak kalah seru lainnya di danau ini yaitu menaiki perahu dayung. Untuk melakukannya, anda pun tidak perlu khawatir karena ada petugas yang siap mendampingi dan membantu anda mendayung. Agar semakin aman, pelampung pun sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Selain perahu dayung, pihak pengelola danau juga menyediakan wahana-wahana lainnya yang tidak kalah seru dicoba, seperti becak air dan perahu mesin. Berbagai wahana tersebut pun memiliki model yang unik dan khas. Tidak lupa, anda bisa mengabadikan momen bersama selama berada di atasnya.

3. Menjelajah Sekitar  Danau

Danau Bleder telah diamanatkan dengan sebuah pagar dinding yang tinggi untuk menjaga agar area danau ini tidak terlihat dari luar. Langkah ini diambil untuk mencegah pembangunan ilegal yang dapat mengakibatkan pendangkalan danau. Namun, meskipun tertutup, tidak ada yang bisa menghalangi keindahan telaga ini. Sehingga, para wisatawan akan selalu terpukau dibuatnya. Anda pun bisa berkeliling untuk mengeksplor apa saja yang dimiliki tempat wisata ini.

Baca Juga:  22 Tempat Wisata di Magelang yang Populer dan Hits

Fasilitas yang Dapat Ditemukan di Danau Bleder

Fasilitas yang Dapat Ditemukan di Danau Bleder
Foto: Facebook/Budi Rahartono

Berbicara mengenai fasilitas, pengunjung tidak perlu khawatir karena pihak pengelola danau sudah menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang kegiatan berwisata pengunjung. Tempat parkir dapat diakses dengan pengunjung secara bebas untuk memarkirkan kendaraan pribadinya.

Warung-warung makan juga tersedia berjejeran di kawasan ini sehingga pengunjung pun bisa menyantap menu hidangan sambil menikmati keindahan alam Danau Bleder. Di Danau Bleder, terdapat berbagai fasilitas wahana permainan yang tersedia, seperti becak air, perahu mesin, perahu dayung, pelampung, dan perlengkapan bermain lainnya.

Selain itu, tersedia juga gazebo di tepi danau yang memungkinkan pengunjung untuk bersantai, duduk-duduk, dan menikmati hidangan kuliner. Area trekking yang baik serta toilet yang bersih juga tersedia di tempat ini.

Semua fasilitas ini dirancang untuk memastikan kenyamanan pengunjung dan membuat Danau Bleder menjadi destinasi yang patut dikunjungi saat berada di Magelang.

Kredivo Terbaru

Danau Bleder adalah destinasi wisata yang menawarkan pemandangan alam yang indah dengan kombinasi danau, pepohonan hijau, gunung, dan bukit-bukit dalam satu lokasi. Pengunjung yang tertarik untuk berlibur di danau ini dapat datang kapan saja dan menikmati berbagai kegiatan seru.

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Rekomendasi