Pesona Punthuk Mongkrong Magelang: Menikmati Keindahan Panorama di Ketinggian

Pesona Punthuk Mongkrong Magelang: Menikmati Keindahan Panorama di Ketinggian
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Giritengah, Kec. Borobudur, Olgung, Giripurno, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Jika kamu sedang berlibur ke kawasan Borobudur, apa yang akan kamu kunjungi? Sudah pasti Candi Borobudur akan menjadi tujuan utama. Namun, tahukah kamu, jika di sekitar kawasan wisata tersebut ada beberapa destinasi yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya ialah destinasi wisata Punthuk Mongkrong. Sebuah titik dimana kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang menakjubkan.

Tempat wisata ini menawarkan pengalaman piknik dan refreshing yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan. Ikon utama dari tempat wisata ini adalah pemandangan matahari terbit yang terlihat jelas dari sini. Makanya banyak pengunjung yang datang bahkan di lagi buta hanya demi melihat pemandangan alam menakjubkan tersebut.

Daya Tarik Wisata

1. Spot Matahari Terbit

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, tempat ini merupakan spot ideal untuk melihat pemandangan matahari terbit di pagi hari yang jelas. Terletak pada ketinggian 624 mdpl, tempat ini merupakan salah satu dataran tinggi atau bukit yang cukup populer di Magelang. Maka dari itu, sangat masuk akal jika banyak pengunjung yang datang ke sini setiap harinya.

Shopee Terbaru

Dengan kondisi itu oula, tempat ini memiliki iklim dataran tinggi yang khas sehingga udara yang masih sejuk dan suhu yang cenderung dingin. Maka dari itu akan lebih baik jika pengunjung datang kesini dengan pakaian hangat yang nyaman. Apalagi, jika ingin menikmati pemandangan matahari terbit. Mereka harus datang pagi buta ke Punthuk Mongkrong untuk mendapatkan momen menakjubkan tersebut.

2. Spot Foto Estetik

Fasilitas
Foto: Facebook/Phian

Ada banyak spot estetik yang ada di tempat wisata ini. Berlatarkan pemandangan alam yang masih asri, akan menjadi latar belakang foto yang cantik. Lalu, momen matahari terbit yang cantik juga bisa menjadi tambahan foto yang menarik. Jangan lupa untuk membawa kamera ke tempat ini, momen liburan di sini wajib diabadikan.

Selain itu, ada pula beberapa spot yang sengaja dibangun untuk para pengunjung. Misalnya saja gazebo atau tempat duduk yang berada di pinggir tebing. Yang mana spot tersebut juga bisa menunjang foto menjadi lebih menarik. Pose yang bagus di spot yang menarik akan sangat sempurna di tempat ini.

Baca Juga:  Taman Kyai Langgeng: Tempat Rekreasi dan Seni di Magelang

3. Aktivitas Berkemah

Jika memiliki waktu luang dan persiapan matang, berkemah di tempat ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Adanya fasilitas camping area juga seperti mendukung pengunjung untuk bermalam di sini. Malamnya menikmati pemandangan alam dan bintang dari atas dataran tinggi, lalu paginya bisa melihat pemandangan matahari terbit yang menakjubkan.

Tapi sebelum berkemah di Punthuk Mongkrong, jangan lupa untuk mempersiapkan banyak hal. Yang terpenting adalah membawa pakaian hangat dan jaket tebal karena suhu di tempat ini dingin sekali. Lalu siapkan juga peralatan kemah yang sekiranya dibutuhkan. Atau kalau tidak punya, bisa menyewa di tempat penyewaan terdekat.

Fasilitas

1. Area Parkir

Pengunjung yang membawa kendaraan ke tempat wisata ini tidak perlu khawatir karena disediakan fasilitas area parkir yang luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan para pengunjung. Jangan ragu tentang keamanan kendaraan karena ada tukang parkir yang menjaga area tersebut. Namun mungkin akan dikenai biaya parkir tambahan.

2. Toilet

Fasilitas penting seperti toilet juga disediakan di sini. Jadi pengunjung tidak perlu pergi keluar atau berjalan jauh jika ingin buang air. Kondisi dari toilet di tempat ini juga selalu dijaga kebersihannya. Selain itu, jumlahnya juga ada beberapa sehingga tidak perlu ada antrian panjang saat ingin pergi ke toilet.

3. Gazebo

Pengunjung bisa duduk santai sambil menikmati panorama alam sekitar di gazebo yang disediakan. Banyak perbincangan seru dan menarik yang tercipta di gazebo Punthuk Mongkrong ini, membangun suasana nyaman yang membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Ada pula tempat duduk lain yang bisa dipakai. Tidak perlu khawatir jika ingin mencari tempat beristirahat, bisa di gazebo ini.

4. Camping Area

Camping Area
Foto: Facebook/Phian

Karena berada di pegunungan, maka kondisi alam sekitar tempat wisata ini cukup menarik untuk dinikmati. Selain itu, ikon utama dari tempat ini adalah pemandangan matahari terbit yang menakjubkan. Makanya banyak pengunjung yang kemudian memutuskan untuk bermalam di sini. Karenanya dibangun camping area di tempat ini.

Baca Juga:  Telaga Bleder Magelang: Mengungkap Keindahan Tersembunyi di Balik Air Biru Jernih

5. Pusat Kuliner

Tidak lupa juga ada pusat kuliner sebagai tempat pengunjung mengisi perut mereka. Ada berbagai sajian menu yang ditawarkan, mulai dari menu lokal setempat, makanan ringan pengganjal perut, hingga beberapa menu andalan khas nusantara..

Lokasi dan Rute Perjalanan

Tempat wisata ini terletak di Giripuro, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuk rute perjalanan sendiri, pengunjung harus menempuh sekitar delapan kilometer dari kawasan Candi Borobudur. Karena berada di dataran tinggi, tempat ini memiliki medan jalan yang naik turun yang khas pegunungan.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Punthuk Mongkrong tidak memiliki batasan jam buka, artinya tempat ini bisa dikunjungi kapan saja. Tentu saja kebijakan ini memudahkan pengunjung yang ingin datang di pagi buta jika ingin mendapatkan pemandangan matahari terbit ikon dari tempat wisata ini. Lalu, berapakah harga tiket masuknya? Pengunjung hanya keluar gocek berkisar Rp. 10.000 saja per orang. Harga ini bisa berubah-ubah. Sangat terjangkau untuk sebuah wisata alam yang sangat menarik.

Jika berkunjung ke Magelang atau kawasan Candi Borobudur, akan menarik jika mampir ke tempat wisata alam ini. Dapatkan pemandangan mataharI terbit yang jelas dari tempat ini. Selain itu, ada banyak daya tarik wisata yang bisa dinikmati di sini. Kondisi alam sekitar yang masih asri dan udara yang sejuk bisa membuat liburan terasa lebih tenang dan menyenangkan.

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Rekomendasi