22 Tempat Wisata di Magelang yang Populer dan Hits

22 Tempat Wisata di Magelang yang Populer dan Hits

Magelang, sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, memiliki pesona alam yang menakjubkan serta kekayaan budaya yang melimpah. Salah satu hal terbaik yang ditawarkan Magelang adalah sejumlah tempat wisata yang menarik dan unik.

Mengapa Anda Wajib Liburan ke Magelang

Jika Anda mencari pengalaman wisata yang memuaskan dan beragam, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Magelang. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda wajib berwisata ke sana:

Panorama Alam yang Menawan

Magelang dikelilingi oleh pemandangan alam yang memukau, seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sumbing. Anda dapat menikmati keindahan panorama pegunungan, hutan, dan air terjun yang tersebar di wilayah kota ini. Pesona alam yang indah ini akan memberi pengalaman berbeda dan memanjakan mata.

Shopee Terbaru

Kaya Akan Warisan Budaya dan Sejarah

Magelang merupakan tempat yang kaya akan wisata eksotis, warisan budaya dan destinasi sejarah. Dengan adanya Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon, Anda dapat merasakan atmosfer spiritual dan keajaiban arsitektur dari zaman kuno. Tempat-tempat ini memberikan wawasan tentang kebudayaan dan sejarah Jawa Tengah yang kaya.

Destinasi Wisata yang Beragam

Magelang menawarkan berbagai jenis destinasi wisata yang dapat memenuhi minat dan keinginan setiap pengunjung. Apakah Anda menyukai petualangan alam, seni dan budaya, atau mencari tempat untuk bersantai, Magelang memiliki segalanya. Dari pendakian Gunung Sumbing yang menantang hingga kebun raya yang menakjubkan, ada banyak pilihan untuk dinikmati.

Keunikan Tempat-Tempat Wisata

Magelang memiliki banyak tujuan wisata yang unik dan menarik jika berada dikota ini. Contohnya, Nepal Van Java yang menghadirkan budaya Nepal di tengah-tengah Magelang, atau Taman Seribu Cinta yang dirancang secara khusus untuk menghadirkan pengalaman romantis. Keunikan tempat-tempat ini membuat kunjungan Anda menjadi lebih istimewa dan berkesan.

Keanekaragaman Kuliner

Magelang juga dikenal dengan beragam kulinernya yang lezat. Anda dapat menemukan berbagai kuliner tradisional khas Jawa Tengah dan makanan lokal yang lezat di sini. Nikmati sate klathak, nasi goreng Magelangan, atau kue lumpur khas Magelang yang terkenal. Kuliner yang kaya dan lezat ini akan memanjakan lidah Anda selama kunjungan.

Keramahan Penduduk Setempat

Penduduk Magelang dikenal sangat ramah dan hangat. Mereka akan menyambut Anda dengan senyuman dan keramahan yang khas sehingga anda akan merasa nyaman dan diterima dengan baik selama berada di Magelang.

Rekomendasi Tempat Wisata di Megelang yang Hits

Dalam ulasan ini, kita akan menjelajahi apa saja tempat wisata yang paling terkenal di Magelang, dan tidak boleh dilewatkan saat berada di sana.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Foto: Google Maps/Gan Kang Ning

Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia kuno dan juga merupakan situs warisan dunia UNESCO. Terletak sekitar 40 kilometer di sebelah barat daya Magelang, candi ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang datang ke daerah tersebut. Dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Sailendra, Candi Borobudur adalah kuil Buddha terbesar di dunia.

Candi Borobudur memiliki desain yang mengesankan dengan struktur berbentuk piramida yang terdiri dari sembilan tingkat, termasuk tiga tingkat lingga (bawah), tiga tingkat arupadhatu (tengah), dan tiga tingkat kamadhatu (atas). Setiap tingkat dihiasi dengan relief yang indah yang menggambarkan ajaran Buddha dan kisah-kisah dari epik Ramayana dan Mahabharata. Di puncak candi, terdapat 72 stupa kecil yang mengelilingi stupa utama yang besar, menciptakan panorama yang memukau.

Kunjungan ke Candi Borobudur biasanya dimulai ketika pagi hari menyaksikan sunrise yang memancarkan cahaya magis di sekitar candi. Suasana yang tenang dan spiritual dari candi ini menciptakan pengalaman yang luar biasa bagi pengunjung.

Harga Tiket: Rp 48.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

2. Ketep Pass

Ketep Pass
Foto: Facebook/Arief Giallorossi

Ketep Pass adalah tempat yang ideal untuk menikmati pemandangan alam yang spektakuler dan mengeksplorasi keindahan pegunungan di sekitar Magelang. Terletak di lereng Gunung Merapi, Ketep Pass menawarkan panorama yang menakjubkan dari dataran tinggi dan lembah yang subur.

Di Ketep Pass, pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti berjalan-jalan di jalur hiking yang menarik, melihat keindahan alam dari titik pandang yang spektakuler, dan menikmati udara segar pegunungan. Ada juga wahana menarik seperti taman belajar tentang vulkanologi dan simulasi gempa bumi, yang memberikan pemahaman yang lebih baik tentang aktivitas gunung berapi di wilayah tersebut.

Selain itu, terdapat juga berbagai toko suvenir dan restoran di Ketep Pass, tempat wisata yang sangat populer bagi wisatawan lokal maupun internasional. Pengunjung dapat membeli oleh-oleh tradisional, seperti kerajinan tangan dan makanan khas Jawa, sebagai kenang-kenangan dari kunjungan mereka ke tempat ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ketep Pas, Ketep, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

3. Bukit Rhema Gereja Ayam

Bukit Rhema Gereja Ayam
Foto: Facebook/Agus Hartaka

Bukit Rhema Gereja Ayam adalah tempat wisata unik yang terletak di daerah Magelang. Terinspirasi oleh kisah Petrus yang menyangkal Yesus sebanyak tiga kali sebelum ayam berkokok, gereja ini dirancang dalam bentuk ayam yang besar. Struktur gereja ini menarik perhatian pengunjung dengan bentuknya yang unik dan desain arsitektur yang menarik.

Di dalam gereja, pengunjung dapat mengagumi interior yang indah dengan kaca patri warna-warni yang menggambarkan kisah-kisah dalam Alkitab. Taman di sekitar gereja juga menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan lingkungan yang tenang untuk berjalan-jalan dan beristirahat.

Kredivo Terbaru

Selain itu, Bukit Rhema Gereja Ayam juga memiliki berbagai fasilitas seperti restoran, area parkir, dan toko suvenir. Pengunjung bisa melihat pemandangan dari atas bukit, mengambil foto yang unik dengan gereja sebagai latar belakang, dan menikmati suasana yang damai di sekitar tempat ini.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

4. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng
Foto: Facebook/Taman Wisata Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng adalah taman rekreasi favorit yang terletak di Magelang dan merupakan tempat wisata yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan panorama alam. Taman ini sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas dan atraksi seru untuk para wisatawan.

Taman Kyai Langgeng memiliki area yang luas dengan pepohonan hijau, kolam, dan taman bunga yang indah. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sepanjang jalur setapak yang tersedia, menikmati piknik di bawah pohon-pohon rindang, atau bermain di area bermain anak-anak. Taman ini juga menawarkan wahana permainan air yang menyenangkan, seperti perahu dayung dan air mancur interaktif.

Baca Juga:  Ketep Pass: Memandang Keindahan Gunung dan Lembah dari Ketinggian

Selain itu, Taman Kyai Langgeng juga memiliki galeri yang memamerkan karya seniman lokal. Pengunjung dapat melihat dan menghargai berbagai karya seni, termasuk patung dan lukisan. Ada juga area kuliner yang menyediakan makanan dan minuman lezat untuk dinikmati selama kunjungan.

Taman Kyai Langgeng adalah tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman sambil menikmati udara segar dan pemandangan yang indah.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cemp, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

5. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu
Foto: Twitter/Nasirullah Sitam

Punthuk Setumbu adalah bukit yang terletak di desa Karangrejo, Magelang. Bukit ini menawarkan panorama yang memukau dan menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar Candi Borobudur yang tampak megah.

Untuk mencapai puncak Punthuk Setumbu, pengunjung harus melakukan pendakian singkat melalui jalur setapak. Namun, upaya tersebut akan terbayar lunas dengan pemandangan sekitar yang begitu mengagumkan. Saat matahari terbit, langit berubah menjadi kumpulan warna-warni yang memukau, dan Candi Borobudur terlihat megah di kejauhan.

Selain itu, Punthuk Setumbu juga menyediakan spot-spot foto yang menarik untuk mengabadikan momen yang indah. Pengunjung bisa mengambil foto dengan latar candi yang mempesona atau mengabadikan panorama alam yang menawan.

Punthuk Setumbu adalah tempat yang populer bagi para fotografer dan pecinta alam untuk menikmati keindahan alam dan momen yang spektakuler.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

6. Silancur Highland

Silancur Highland
Foto: Facebook/Silancur Highland

Silancur Highland adalah destinasi wisata alam yang menakjubkan yang terletak di Dusun Silancur, Desa Mangli, Magelang. Tempat ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari pegunungan, hutan hijau, dan lembah yang subur.

Silancur Highland merupakan tempat yang ideal untuk pecinta alam dan petualang. Pengunjung bisa melakukan kegiatan trekking atau hiking. Ada juga beberapa air terjun yang indah di sekitar Silancur Highland yang bisa dijelajahi.

Selain itu, bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu dengan santai, Silancur Highland juga menyediakan cottage dan vila untuk penginapan. Pengunjung dapat menikmati ketenangan dan keindahan alam sambil bersantai di cottage atau berendam di kolam renang yang tersedia.

Silancur Highland adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kehidupan kota dan menikmati keindahan alam yang menenangkan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dadapan, Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

7. Nepal Van Java

Nepal Van Java
Foto: Facebook/Daniel Harsono

Nepal Van Java adalah taman wisata yang menawarkan pengalaman yang unik dengan suasana khas Nepal di Magelang. Taman ini menggabungkan elemen-elemen budaya Nepal dengan keindahan alam sekitarnya.

Nepal Van Java memiliki berbagai atraksi menarik, seperti replika Patan Durbar Square, stupa Buddha, kuil-kuil Hindu, dan jembatan gantung yang menghubungkan area taman. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sepanjang jalan setapak yang indah, menikmati pemandangan danau buatan, dan mengambil foto di berbagai spot menarik.

Taman ini juga menyediakan berbagai kegiatan menarik, seperti meditasi, yoga, dan seni bela diri dari Nepal. Pengunjung dapat mengikuti kelas-kelas ini untuk merasakan kehidupan budaya Nepal.

Selain itu, terdapat juga area kuliner yang menawarkan hidangan khas Nepal. Pengunjung dapat merasakan makanan khas Nepal seperti momo dan roti canai sambil menikmati suasana yang menawan di Nepal Van Java.

Nepal Van Java adalah tempat yang menarik untuk mengalami budaya Nepal dan menikmati keindahan alam yang mempesona.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun, Butuh, Temanggung, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

8. Candi Mendut

Candi Mendut
Foto: Facebook/Baderi Alwi

Candi Mendut adalah candi Buddha yang terletak tidak jauh dari Candi Borobudur. Candi ini memiliki sejarah yang kaya dan menjadi bagian dari kompleks candi Buddha yang penting di Jawa Tengah. Dibangun pada abad ke-9, Candi Mendut menampilkan arsitektur yang elegan dan relief-relief yang indah.

Candi Mendut memiliki tiga candi utama yang saling berhubungan: Candi Utama, Candi Tengah, dan Candi Belakang. Candi Utama adalah candi terbesar dan menampilkan patung Buddha sedang duduk di dalamnya. Patung tersebut merupakan salah satu contoh seni Buddha terbaik dari zaman Sailendra.

Selain patung Buddha, Candi Mendut juga memiliki relief yang menceritakan kisah-kisah dari ajaran Buddha dan kehidupan Siddhartha Gautama sebelum dia menjadi Buddha. Relief ini sangat indah dan mendalam dalam pesan spiritualnya.

Candi Mendut juga menjadi tempat perayaan Waisak yang penting bagi umat Buddha setiap tahunnya. Pada perayaan ini, ribuan umat Buddha datang ke Candi Mendut untuk beribadah dan merayakan kelahiran Buddha.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mendut, Kec. Mungkid, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

9. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang
Foto: Facebook/Nailah

Air Terjun Kedung Kayang adalah salah satu destinasi alam yang menakjubkan di Magelang. Terletak di lereng Gunung Sumbing, air terjun ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dan keindahan alam yang menenangkan.

Air Terjun Kedung Kayang terdiri dari serangkaian air terjun yang membentuk kolam-kolam alami di bawahnya. Beragam kolam ini memancarkan air yang jernih dan segar, sehingga menciptakan suasana yang menyegarkan.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan air terjun yang indah, berenang atau berendam di kolam-kolam yang ada, atau sekadar duduk bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar. Air Terjun Kedung Kayang juga merupakan tempat yang populer untuk piknik dan kegiatan rekreasi alam.

Untuk mencapai Kedung Kayang, pengunjung harus mengeluarkan tenaga lebih untuk mendaki melewati jalur setapak yang cukup terjal. Namun, usaha tersebut akan terbayar dengan pesona alam yang menakjubkan dan pengalaman yang tidak terlupakan.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Wonolelo kedung kayang, Nagrong, Wonolelo, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

10. Svargabumi Borobudur

Svargabumi Borobudur
Foto: Twitter/Visit Jawa Tengah

Svargabumi Borobudur adalah taman rekreasi yang menarik yang terletak dekat Candi Borobudur. Taman eksotis ini menawarkan berbagai atraksi dan kegiatan yang menyenangkan bagi pengunjung dari segala usia.

Svargabumi Borobudur menampilkan replika Candi Borobudur yang menakjubkan dengan skala yang lebih kecil. Pengunjung dapat mengunjungi replika ini dan mengagumi keindahan arsitektur dan detail yang rumit.

Selain itu, taman ini juga menawarkan berbagai wahana dan permainan menarik, seperti Flying Fox dan ATV. Pengunjung dapat menikmati sensasi petualangan dan kegembiraan sambil menikmati pesona alam yang indah.

Svargabumi Borobudur juga memiliki area kuliner yang menyediakan makanan dan minuman lezat. Pengunjung dapat mencoab hidangan lokal yang lezat dan makan siang sambil menikmati keindahan taman yang nyaman.

Baca Juga:  Telaga Bleder Magelang: Mengungkap Keindahan Tersembunyi di Balik Air Biru Jernih

Taman ini adalah tempat yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman, menikmati kegiatan yang menyenangkan, dan menjelajahi keindahan replika Candi Borobudur.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Borobudur, Ngadiharjo, Sawah, Borobudur, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

11. Candi Pawon

Candi Pawon
Foto: Twitter/Harya Rifky Pratama

Candi Pawon adalah candi Buddha yang terletak di antara Candi Borobudur dan Candi Mendut. Meskipun ukurannya lebih kecil daripada kedua candi lainnya, Candi Pawon memiliki sejarah dan nilai artistik yang penting.

Candi Pawon memiliki bentuk bangunan yang sederhana dengan arsitektur khas Jawa Tengah. Di dalam candi, terdapat sebuah ruangan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan budak sarira, yaitu tulang suci yang diyakini berasal dari Buddha Gautama.

Candi Pawon juga memiliki relief-relief yang indah yang menggambarkan ajaran Buddha dan kisah-kisah dari epik Ramayana. Relief ini memberikan wawasan tentang kehidupan spiritual pada masa itu.

Pengunjung dapat mengunjungi Candi Pawon dan mengagumi keindahan arsitektur dan seni di dalamnya karena tempat ini juga memberikan peluang untuk mempelajari sejarah dan kebudayaan Jawa Tengah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

12. Candi Selogriyo

Candi Selogriyo
Foto: Twitter/Perpustakaan Nasional RI

Candi Selogriyo adalah candi Hindu yang terletak di lereng Gunung Sumbing, sekitar 30 kilometer dari Magelang. Candi ini menawarkan pengalaman yang unik dengan kombinasi keindahan alam dan warisan budaya.

Untuk mencapai Candi Selogriyo, pengunjung harus melakukan pendakian melalui jalur setapak yang terjal dan menantang. Upaya Anda akan terbayar dengan pesona alam yang indah di sepanjang perjalanan.

Candi Selogriyo adalah candi Hindu yang terdiri dari beberapa struktur candi kecil. Meskipun ukurannya relatif kecil, candi ini memiliki arsitektur yang menarik dengan ukiran dan relief yang rumit.

Selain candi, pemandangan di sekitar Candi Selogriyo juga memukau. Anda juga dapat menikmati pesona pegunungan yang mempesona serta keindahan alam yang subur.

Candi Selogriyo adalah tempat yang cocok untuk pecinta alam dan petualang. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam, menjelajahi candi kuno, dan merasakan kedamaian dan ketenangan di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hutan, Windusari, Kec. Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

13. Mangli Sky View

Mangli Sky View
Foto: Twitter/Joglo Wisata

Mangli Sky View adalah tempat wisata yang menawarkan pemandangan spektakuler dari ketinggian di Magelang. Terletak di daerah Mangli, tempat ini menjadi tujuan favorit bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan panorama yang menakjubkan.

Mangli Sky View memiliki area observasi yang dilengkapi dengan platform dan perahu terbang yang mengangkut pengunjung ke ketinggian tertentu. Dari sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan luas dari atas, termasuk pegunungan, perkebunan, dan desa-desa yang tersebar di sekitar Magelang.

Selain menikmati pemandangan, Mangli Sky View juga menawarkan berbagai kegiatan menarik, seperti bersepeda gunung dan hiking di sekitar area. Pengunjung bisa mengeksplor keindahan alam sekitar sambil menghirup udara segar, dan alamnya yang menakjubkan.

Mangli Sky View adalah tempat yang ideal untuk mengabadikan momen yang indah, mengisi waktu luang, dan menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Area Hutan/Sawah, Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

14. Hutan Pinus Kragilan

Pinusan Kragilan
Foto: Twitter/Saus Tartara

Hutan Pinus Kragilan adalah destinasi wisata alam yang menakjubkan di Magelang. Berada di lereng Gunung Merbabu, hutan ini menawarkan keindahan alam yang menenangkan dan pemandangan yang memesona.

Hutan Pinus Kragilan ditumbuhi oleh pepohonan pinus yang rindang, menciptakan suasana yang sejuk dan segar. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sepanjang jalur setapak yang tersedia, menikmati keindahan pepohonan pinus yang menjulang tinggi, dan merasakan kesejukan udara pegunungan.

Selain itu, Hutan Pinus Kragilan juga menyediakan area piknik dan tempat berkemah untuk pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di hutan ini. Pengunjung sebaiknya membawa bekal dari rumah, dan menikmati waktu bersantai di bawah pepohonan pinus.

Hutan Pinus Kragilan adalah tempat yang sempurna untuk bersantai, berolahraga, dan menikmati keindahan alam yang menenangkan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Area Kebun/Hutan, Pogalan, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

15. Kebun Bibit Senopati

Kebun Bibit Senopati
Foto: Facebook/Yhan Noercahyo Wibowo

Kebun Bibit Senopati adalah tempat wisata yang cocok bagi pecinta tumbuhan dan kebun. Terletak di daerah Tempuran, Magelang, kebun bibit ini menawarkan berbagai jenis tanaman hias dan bibit tanaman yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Kebun Bibit Senopati memiliki area yang luas dengan berbagai jenis tanaman yang dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Pengunjung dapat menjelajahi kebun ini sambil melihat dan mempelajari berbagai jenis tanaman yang tumbuh di sini.

Selain itu, kebun ini juga memiliki fasilitas taman bermain anak-anak dan area piknik. Pengunjung dapat membawa keluarga dan teman-teman untuk menikmati waktu bersama di kebun ini sambil menikmati pemandangan yang indah.

Kebun Bibit Senopati juga memiliki toko yang menjual bibit tanaman dan tanaman hias. Pengunjung dapat membeli tanaman favorit mereka sebagai oleh-oleh atau untuk menambah koleksi taman mereka sendiri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panembahan Senopati, Jurangombo Utara, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah.

16. Kebun Raya Gunung Tidar

Kebun Raya Gunung Tidar
Foto: Twitter/Els

Kebun Raya Gunung Tidar adalah tempat yang ideal bagi pecinta alam dan botani. Berkawasan di lereng Gunung Tidar, kebun raya ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan beragam koleksi tanaman yang unik.

Kebun Raya Gunung Tidar memiliki berbagai jalur dan jalur setapak yang memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi kebun ini sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Di dalam kebun, terdapat berbagai macam tumbuhan langka, termasuk tanaman endemik dari daerah tersebut.

Pengunjung dapat belajar tentang tanaman dan ekosistem alami di Kebun Raya Gunung Tidar melalui panduan yang tersedia. Ada juga fasilitas pendidikan dan penelitian yang digunakan oleh para ahli botani untuk mempelajari dan melestarikan flora lokal.

Selain itu, kebun raya ini juga menyediakan tempat piknik dan area rekreasi untuk pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Magersari, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah.

17. Candi Umbul

Candi Umbul
Foto: Twitter/Kang Mbolang

Candi Umbul adalah candi Hindu yang terletak di Kecamatan Mungkid, Magelang. Candi ini memiliki keindahan arsitektur dan menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi pecinta sejarah dan kebudayaan.

Baca Juga:  Candi Selogriyo: Menyaksikan Keindahan Spiritual di Puncak Lereng Gunung

Candi Umbul memiliki arsitektur yang khas dengan relief yang indah yang menggambarkan cerita-cerita Hindu. Candi ini memiliki pintu gerbang yang megah dan dekorasi yang rumit.

Selain itu, Candi Umbul juga dikelilingi oleh taman yang indah yang menawarkan lingkungan yang tenang untuk berjalan-jalan dan bersantai. Pengunjung dapat menikmati pesona candi yang indah sekaligus mendapatkan suasana yang damai di sekitar kawasan ini.

Candi Umbul adalah tempat yang menarik untuk menggali sejarah dan kebudayaan Hindu di Jawa Tengah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candi Umbul, Perkebunan, Kartoharjo, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

18. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing
Foto: Facebook/Tri Widayat

Gunung Sumbing adalah salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah dan menjadi tujuan pendakian yang populer bagi para pecinta alam dan petualang. Terletak di perbatasan antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Temanggung, Gunung Sumbing menawarkan pemandangan yang spektakuler dan pengalaman mendaki yang menantang.

Gunung Sumbing memiliki jalur pendakian yang beragam, mulai dari jalur pendakian utama di Desa Garung hingga jalur pendakian alternatif di Desa Ngargomulyo. Selama pendakian, pengunjung akan melewati hutan tropis yang lebat, pemandangan pegunungan yang menakjubkan, dan sumber air segar yang jernih.

Puncak Gunung Sumbing menyajikan pemandangan yang luar biasa, terutama saat sunrise mau pun sunset. Pengunjung dapat menikmati panorama yang memukau dari puncak gunung yang menjulang tinggi.

Namun, pendakian Gunung Sumbing membutuhkan persiapan yang matang dan fisik yang baik. Pengunjung disarankan untuk membawa perlengkapan pendakian yang memadai dan mengikuti arahan dari pemandu atau tim pendaki yang berpengalaman.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gn. Malang, Purwojiwo, Kec. Kalikajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

19. OHD Museum

Oei Hong Djien Museum
Foto: Twitter/Dari Halte ke Halte

OHD Museum (Oei Hong Djien Museum) adalah museum seni yang terletak di daerah Secang, Magelang. Museum ini didedikasikan untuk karya seniman Indonesia terkenal, Oei Hong Djien. Museum ini memamerkan karya seni yang mengesankan dan menggambarkan perjalanan seni Oei Hong Djien.

OHD Museum memiliki bangunan yang unik dengan desain arsitektur yang modern. Di dalam museum, pengunjung dapat menjelajahi berbagai ruang pamer yang menampilkan lukisan, patung, dan instalasi seni. Karya-karya seni ini menggambarkan beragam tema dan gaya yang menjadi ciri khas seni Oei Hong Djien.

Selain itu, OHD Museum juga menyelenggarakan berbagai kegiatan seni, seperti pameran seni sementara, lokakarya seni, dan acara budaya. Pengunjung dapat mengikuti acara-acara ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang seni Indonesia.

OHD Museum adalah tempat yang ideal bagi pecinta seni untuk menikmati karya seni yang indah dan mengagumi bakat seniman Indonesia yang luar biasa.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jenggolo No.14, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

20. Taman Seribu Cinta Magelang

Taman Seribu Cinta Magelang
Foto: Twitter/StellaFlaurenza

Taman Seribu Cinta Magelang adalah taman tematik yang menawarkan pengalaman romantis dan menyenangkan bagi pengunjung. Terletak di Jalan Jenderal Sudirman, taman ini menampilkan tema cinta dan memiliki berbagai atraksi yang menarik.

Taman Seribu Cinta Magelang memiliki berbagai taman mini yang menggambarkan cinta dalam berbagai budaya dan tradisi di dunia. Pengunjung dapat berjalan-jalan di taman-taman ini sambil menikmati dekorasi yang romantis dan pemandangan yang indah.

Selain itu, taman ini juga menawarkan wahana menarik, seperti perahu bebek, kereta mini, dan sepeda gantung. Pengunjung dapat menikmati sesnsai perjalanan wisata yang menyenangkan dan mengambil foto yang keren di sepanjang perjalanan.

Taman Seribu Cinta Magelang juga memiliki area kuliner yang menyediakan makanan dan minuman lezat. Pengunjung dapat mencicipi hidangan romantis atau bersantai di kafe yang nyaman.

Taman ini adalah tempat yang populer bagi pasangan yang ingin menghabiskan waktu bersama atau bagi keluarga yang mencari hiburan yang menyenangkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dangean, Gulon, Kec. Salam, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

21. Nakula Sadewa Park

Borobudur Edupark
Foto: Google Maps/Budi Sukaisih

Nakula Sadewa Park adalah taman rekreasi yang terletak di Magelang dan menghadirkan berbagai wahana dan atraksi untuk pengunjung dari segala usia. Taman ini mengambil inspirasi dari tokoh-tokoh dalam legenda pewayangan Mahabharata, yaitu Nakula dan Sadewa.

Nakula Sadewa Park menawarkan berbagai wahana menarik, seperti permainan air, permainan flying fox, taman bermain anak-anak, dan arena outbond. Pengunjung dapat menikmati kegembiraan dan petualangan di taman ini.

Selain wahana permainan, taman ini juga memiliki taman bunga yang indah dan area piknik yang nyaman. Anda dapat juga bersantai sambil menyaksikan penorama alam dan pemandangan yang menawan.

Nakula Sadewa Park juga menyediakan bermacam-macam fasilitas, termasuk restoran dan warung makan tradisional sehingga wisatawan juga dapat menikmati hidangan lezat dan makanan ringan yang disajikan di tempat ini.

Taman ini adalah tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, bersenang-senang, dan merasakan kegembiraan dalam suasana yang menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Magelang, Yogyakarta, Batikan, Pabelan, Kec. Mungkid, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

22. Top Selfie Kragilan

Top Selfie Kragilan
Foto: Google Maps/ Pinandi Toledo Handoko

Top Selfie Kragilan adalah destinasi wisata yang populer bagi pecinta selfie dan fotografi. Terletak di Kragilan, Magelang, tempat ini menawarkan berbagai spot menarik untuk mengambil foto yang kreatif dan indah.

Top Selfie Kragilan memiliki dekorasi yang unik dan beragam, termasuk mural warna-warni, patung-patung kreatif, dan hiasan-hiasan menarik. Setiap sudut tempat ini dirancang untuk menciptakan latar belakang yang sempurna untuk foto.

Pengunjung dapat berjalan-jalan di sekitar tempat ini dan menemukan spot-spot menarik untuk berfoto. Dari dinding mural yang berwarna-warni hingga instalasi seni yang kreatif, pengunjung akan menemukan banyak pilihan untuk mengabadikan momen yang indah.

Top Selfie Kragilan adalah tempat yang menyenangkan bagi para pecinta selfie dan fotografi untuk menghasilkan foto-foto yang unik dan kreatif.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Area Kebun/Hutan, Pogalan, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Kesimpulan

Magelang adalah tempat yang kaya akan keindahan alam dan warisan budaya. Setiap tempat ini menawarkan pengalaman yang berbeda namun tak kalah menarik, dari eksplorasi keajaiban arsitektur dan sejarah, hingga menikmati pemandangan alam yang memukau. Deretan objek wisata tersebut wajib dikunjungi bagi siapa saja yang berkunjung dan ingin menikmati panorama alam Magelang.

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Rekomendasi