Pesona Silancur Highland Magelang: Merasakan Kebebasan di Puncak Ketinggian

Daya Tarik Wisata Silancur Highland
Foto: Facebook/Silancur Highland https://www.facebook.com/silancurhighland
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dadapan, Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Ketika datang berkunjung ke Magelang, pasti destinasi wisata yang dikenal hanya candi Borobudur. Padahal sebenarnya masih banyak destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi. Salah satu area terpopuler di Magelang yaitu Silancur Highland yang menyajikan pesona keindahan menakjubkan. Berikut adalah daya tarik yang tersimpan di destinasi wisata ini.

Daya Tarik Wisata Silancur Highland

1. Keindahan 5 Gunung

Jika berbicara tentang Silancur maka pastinya akan tergambar keindahan yang sangat mempesona. Kawasan wisata ini berada di ketinggian 1300 meter diatas permukaan laut. Terdapat banyak alasan yang mengharuskan Anda untuk datang berkunjung ke tempat wisata ini. Salah satunya yaitu bisa menyaksikan keindahan 5 gunung secara sekaligus.

Gunung tersebut diantaranya yaitu Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu dan Gunung Andong. Gunung gunung tersebut pernah dijuluki sebagai pagar Silancur. Dari 5 gunung yang telah disebutkan, gunung Sumbing merupakan pemeran utama yang bisa dijadikan sebagai latar belakang terindah ketika berada di Silancur.

Shopee Terbaru

2. Rumah Hobbit

Daya tarik berikutnya yang bisa diperhatikan ketika datang ke tempat wisata ini yaitu melihat landscape dan scale rumah hobbit termegah seperti di Selandia Baru. Jika Anda pernah menyaksikan film The Lord of The Ring tentunya akan dibuat takjub dan terpesona dengan tatanan serta keindahan yang disajikan dari rumah hobbit di Silancur Magelang ini.

Area ini menawarkan pemandangan yang serupa dengan film. Sehingga Anda akan merasakan sensasi masuk ke dalam cerita film. Dengan adanya destinasi wisata ini maka Anda tidak perlu pergi jauh ke Selandia Baru. Pemandangan indah ini bisa disaksikan dengan mudah hanya dengan pergi ke Magelang atau lebih tepatnya di Kawasan Wisata Silancur.

3. Golden Sunrise

Daya Tarik Wisata Silancur Highland
Foto: Twitter/Munfarid

Karena lokasinya yang berdekatan dengan gunung, wisata ini mampu menghadirkan golden sunrise terbaik yang ada di Indonesia. Pemandangan ini banyak diincar oleh para hunter. Selain dipuaskan dengan panorama keindahan alam. Anda juga bisa memilih untuk mengabadikan momen menarik dari balik pegunungan Merbabu, Telomoyo, Merapi,dan Adong.

Baca Juga:  Ladon Little Island: Keajaiban Alam Tropis yang Menakjubkan di Magelang

4. Kebun Bunga

Hal terbaik berikutnya yang bisa diketahui dari tempat ini yaitu terdapat area taman bunga. Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan matahari terbit saja, tetapi juga bisa menyaksikan keindahan dikelilingi tanaman yang tumbuh subur. Anda bisa memilih menghadiri tempat ini dan mengabadikan momen berfoto di tengah warna warni bunga.

5. Area Berkemah

Daya tarik terakhir yang bisa ditemukan yaitu berupa Area Berkemah yang berada di Gardu Pandang Silancur. Bagi Anda yang suka menyaksikan keindahan alam dengan berkemah maka bisa memilih tempat ini. Tanah lapang yang ada di Silancur ini menjadi salah satu spot terbaik untuk bisa menyaksikan keindahan sunrise ketika berada di kawasan Silancur.

Alamat & Rute Menuju Wisata Silancur Highland

Salah satu destinasi wisata indah di Magelang ini berada di kawasan Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Jika ditelusuri maka Anda bisa menemukan destinasi ini di Desa Mangli dan bisa ditempuh dengan jarak 15 km dari arah pusat kota. Ketika melakukan perjalanan dari Alun Alun Kota Magelang maka perlu melakukan perjalanan sekitar 30 menit untuk sampai di Silancur.

Agar bisa tiba dengan selamat di destinasi wisata ini maka Anda bisa memilih opsi kendaraan yang digunakan mulai dari kendaraan pribadi, transportasi umum atau travel. Ketika memilih menggunakan angkutan umum maka dapat dipastikan bahwa Anda tidak bisa langsung diantar hingga lokasi. Hal tersebut tentunya berbeda dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jika merasa bingung selama di perjalanan maka anda bisa memilih menggunakan google maps untuk memudahkan proses pencarian lokasi. Suhu di tempat wisata ini yaitu sekitar 11 derajat celcius sehingga anda perlu menyiapkan pakaian yang sesuai. Aktivitas camping juga bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan dan merekatkan hubungan kekeluargaan.

Aktivitas Menarik di Wisata Silancur Highland

Aktivitas Menarik di Wisata Silancur Highland
Foto: Facebook/Meety Agustini

1. Mengambil Gambar

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan ketika berada di tempat wisata Magelang ini yaitu mengambil gambar. Terdapat banyak spot yang bisa dijadikan sebagai latar foto mulai dari taman bunga, pegunungan, rumah hobbit dan masih banyak area menarik lainnya. Bahkan jika Anda datang di waktu subuh, maka bisa berfoto di tengah keindahan sunrise.

Baca Juga:  Ketep Pass: Memandang Keindahan Gunung dan Lembah dari Ketinggian

Kehijauan serta rindangnya tumbuhan disekitar juga bisa digunakan sebagai latar foto terbaik ketika berada di area ini. Segala bentuk pemandangan akan terlihat indah di balik lensa kamera. Pastikan bahwa Anda bisa menentukan lokasi mana yang paling tepat untuk digunakan sebagai latar belakang foto agar terlihat estetik saat diunggah ke sosial media.

2. Camping

Kegiatan berikutnya yang bisa dilakukan saat berada di kawasan ini yaitu camping. Anda bisa memilih menunggu pemandangan keindahan sunrise dengan memilih bercamping sembari menunggu pagi. Menyiapkan tenda di tanah lapang tentunya menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan teman ataupun keluarga untuk mempererat hubungan.

Fasilitas yang Ada di Wisata Silancur Highland

Meskipun tempat wisata ini masih tergolong baru, Anda tetap bisa menikmati fasilitas yang memadai. Anda tidak akan kesulitan menemukan toilet ketika berada di tempat wisata ini. Selain itu, tempat ibadah seperti mushola juga disediakan sebagai sarana pendukung bagi wisatawan. Anda bisa beristirahat dengan tenang di gazebo yang ada di sekitar Silancur Highland.

Meskipun kawasan wisata ini masih tergolong baru, Anda sudah bisa menikmati berbagai jenis fasilitas yang disediakan. Berfoto dan bersenang-senang bisa dilakukan dengan bebas dan leluasa tanpa perlu berpikir panjang. Pastikan Anda menyempatkan waktu untuk datang dan menghabiskan masa liburan di kawasan wisata unik di Magelang, Jawa Tengah ini.

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Rekomendasi