15 Urutan Skincare Pagi dan Malam yang Tepat

Urutan Skincare Pagi dan Malam yang Tepat

Kulit yang sehat dan bercahaya menjadi dambaan banyak orang. Namun, di balik kilauan tersebut tersembunyi rutinitas perawatan yang teratur dan disiplin.

Memahami urutan penggunaan produk skincare bukan hanya sekedar mengaplikasikannya ke wajah, tetapi juga memastikan bahwa setiap produk dapat bekerja dengan optimal untuk menghasilkan kulit yang lebih sehat, lembap, dan bercahaya.

Baik di pagi hari maupun saat malam tiba, ada langkah-langkah khusus yang perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil terbaik. Berikut adalah panduan singkat mengenai urutan skincare pagi dan malam yang tepat untuk Anda.

Shopee Terbaru

Urutan Skincare Pagi Hari

Urutan Skincare Pagi Hari
Foto: Twitter/Ai Care

1. Sabun Pembersih Wajah

Mulailah pagi Anda dengan langkah pertama yang mendebarkan: cuci muka dengan sabun pembersih khusus, entah itu facial wash maupun foam. Sebagai ritual pagi, ini mengusir minyak dan kotoran yang berpesta di wajah Anda semalaman.

Dan tahukah Anda? Kulit yang bersih adalah kanvas sempurna bagi produk skincare Anda selanjutnya. Semakin bersih, semakin maksimal!

2. Toner Wajah

Selanjutnya, kenalkan kulit Anda pada toner – pahlawan yang menyelamatkan dari sisa-sisa kotoran dan minyak bandel. Toner bukan hanya pembersih, tapi juga penjaga pH kulit Anda. Ia juga menjadi jembatan bagi produk skincare Anda berikutnya, seperti serum dan pelembap. Punya jerawat? Tenang, toner dengan kandungan tertentu bisa jadi penyelamat Anda dari jerawat bandel!

3. Essence

Buat Anda para pecinta skincare, essence pasti sudah menjadi bintang di rutinitas Anda. Anggap essence ini sebagai minuman energi untuk kulit Anda! Dengan konsentrasi bahan aktif tinggi, ia memastikan kulit Anda tetap lembap dan mempersiapkan untuk produk selanjutnya.

Tidak hanya itu, essence adalah kisah cinta antara kulit Anda dan kandungan hyaluronic acid, gliserin, serta vitamin C di dalamnya. Setelah toner, tuangkan essence ke telapak tangan, dan tepuk-tepuk wajah Anda dengan penuh kasih sayang.

4. Serum

Mengapa serum terasa seperti sihir? Karena produk ajaib ini meresap cepat dengan kandungan bahan aktif konsentrat tinggi untuk memanjakan kulit Anda. Tak hanya itu, serum mempersembahkan deretan antioksidan luar biasa seperti vitamin A, C, dan E. Bayangkan memakai jubah kecantikan yang melawan kerutan, pigmentasi, dan kemerahan. Dr. Angela J. Lamb, tokoh ahli dermatologi dari Fakultas Kedokteran Icahn, pun tak ragu menyatakan kehebatannya.

Baca Juga:  Begini Cara Meratakan Kulit Wajah yang Belang

5. Pelembab atau Moisturizer

Setelah serum, tiba saatnya mengunci kelembaban dengan pelembab. Layaknya perisai, pelembab menjaga benteng hidrasi sel kulit dan menunda tanda-tanda penuaan. Untuk Anda yang berkulit normal atau kombinasi, pelembab bertekstur krim adalah sahabat terbaik, sementara yang berkulit berminyak akan jatuh cinta pada pelembab bertekstur cair atau gel.

6. Sunscreen

Urutan terakhir, tapi tak kalah penting, adalah sunscreen – pelindung kulit Anda dari serangan sinar matahari yang ganas. Baiknya, jadikan sunscreen sahabat sejati setiap hari, terutama saat matahari bersemangat menyapa. Jangan anggap remeh, paparan sinar UVA dan UVB tak hanya menimbulkan kulit terbakar atau flek hitam, tapi juga risiko kanker kulit.

Pilihlah sunscreen dengan minimal SPF 30 dan oleskan secukupnya, yakni sepanjang 2 ruas jari. Pastikan Anda memulaskan dengan cermat 15-30 menit sebelum berselancar di bawah sinar matahari dan ulangi setiap 2 jam untuk perlindungan maksimal.

Urutan Skincare Malam Hari

Skincare Malam Hari
Foto: Twitter/Fordyce

7. Make up Remover Minyak Berbahan Dasar Minyak

Sebagai ajaibnya sulap, make up remover berbahan dasar minyak ini tak hanya ‘menghipnotis’ minyak alami kulit Anda, tapi juga menari-nari mengangkat sisa minyak dari riasan. Ketika menggunakannya, baca petunjuk ajaib yang diberikan. Mungkin Anda perlu menyihir kulit Anda dengan remover saat kulit basah atau kering. Gosok dengan lembut hingga sihirnya bekerja, lalu cuci dengan air sambil menatap cermin. Presto! Kulit Anda kembali bersih!

8. Pembersih Berbasis Airgarkan

Pembersih berbasis air ini seperti dewa laut yang mampu memerangi kotoran dan riasan. Tuangkan ke tangan, aplikasikan pada kulit basah, dan lakukan pijatan ajaib. Kemudian, bilas dan rasakan sensasi kesegaran yang luar biasa!

9. Exfoliator

Exfoliator bagaikan ksatria yang menyelamatkan Anda dari serangan sel-sel kulit mati dan menaklukkan pori-pori. Dan masker tanah liat? Sebagai penyihir yang membuka pintu pori-pori dan menyerap minyak berlebih. Setiap produk memiliki mantra khusus; pastikan Anda mengikuti petunjuk ajaib yang diberikan. Gunakan masker sesekali dalam seminggu, dan bilas untuk melihat keajaiban sebenarnya.

Baca Juga:  Musim Kemarau Bikin Bibir Pecah Pecah, Ini Solusinya

10. Hydrating Mist & Toner

Dewa dan dewi hydrasi telah datang dalam wujud Hydrating Mist atau toner! Biarkan kapas menjadi medium Anda untuk menyebarkan keajaiban ke seluruh wajah. Rasakan sejuk dan kesegaran, sembari kulit Anda tersenyum lega.

11. Acid Treatment

Masuk ke dunia sihir dengan perawatan asam yang memperbarui dan mempercerah kulitmu hingga menyinar! Mulailah perjalanan ajaib ini seminggu sekali. Ingatlah untuk menguji keberanianmu dengan uji tempel selama 24 jam.

Kredivo Terbaru

Ambil kapas sihir, tetesi dengan larutan ajaib, lalu usap lembut ke seluruh kerajaan wajahmu, kecuali benteng area mata. Jika kulitmu peka atau menunjukkan tanda pemberontakan terhadap asam, lewati mantra ini.

12. Serum Wajah & Essence

Setelah bermain dengan toner, masuklah ke dunia fantasi dengan essence dan serum. Mereka adalah pasangan kerajaan yang bekerja bersama untuk menjadikan kulitmu kaya dengan kelembapan dan kehalusan.

Biarkan essence merasuki kulitmu dengan penuh kasih, kemudian serum si pangeran tampan melangkah maju, memberikan keajaiban lebih lanjut.

13. Krim Mata atau Krim Mata

Ketika bintang mulai berkelip di langit, tibalah saatnya untuk menyihir area mata dengan krim mata ajaib. Perisai malam ini melindungi dan menyembuhkan masalah di wilayah kerajaan mata seperti kantung mata gelap dan garis halus.

Pilihlah perisai dengan bahan-bahan sihir seperti peptida dan antioksidan. Oleskan pelindung ini dengan lembut di bawah mata untuk mendapatkan sihir penuhnya.

14. Krim Malam (Night Cream)

Setiap petualangan yang seru di siang hari butuh istirahat di malam hari. Krim malam beraksi bagaikan ksatria malam yang menjaga kulitmu, memberikan hidrasi intens, meredam garis waktu, dan mencerahkan noda masa lalu.

Selanjutnya, sleeping mask, pilihan yang elegan bagimu yang ingin tambahan keajaiban semalam. Bagai selimut bulan yang lembut, oleskan krim malam dan sleeping mask dengan sentuhan kasih sayang. Biarkan mereka merawatmu dalam lelap, mengisi ulang energimu untuk esok hari.

15. Face Oil

Seakan-akan tetesan dari bintang malam, face oil adalah sentuhan akhir yang mewah dalam perjalanan perawatan malammu. Hanya beberapa tetes, dan kulitmu akan merasa seperti dikelilingi oleh gugusan galaksi.

Baca Juga:  5 Tahapan Basic Skincare untuk Perawatan Wajah

Tepuk-tepuk dengan lembut, biarkan kulitmu menyerap keajaiban alami ini. Bagi mereka yang berkulit berminyak, pertimbangkan dengan bijak, karena terlalu banyak bintang mungkin membebankan langit wajahmu.

Skincare bukan hanya sekedar rutinitas, melainkan investasi jangka panjang untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Mengikuti urutan yang tepat saat mengaplikasikan produk, baik di pagi atau malam hari, memastikan bahwa Anda mendapatkan manfaat maksimal dari setiap tetes serum, krim, atau esensi yang Anda gunakan.

Ingatlah selalu bahwa konsistensi adalah kunci, dan pemahaman mendalam tentang produk Anda akan mengantarkan Anda pada kulit impian yang selama ini Anda dambakan. Semoga dengan panduan ini, Anda semakin percaya diri dalam menjalankan rutinitas skincare Anda dan menikmati hasilnya yang memukau. Selamat merawat kulit dengan cinta!

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags

Rekomendasi