Twitter Permudah Pengguna Mencari Tweet Lawas

Twitter Permudah Pengguna Mencari Tweet Lawas

Fitur baru Twitter kali ini memudahkan pengguna untuk menelusuri tweet lawas. Bahkan, kicauan sejak tahun 2006 bisa diintip. Ya, Twitter berikan kuasa penuh ke user yang ingin melihat kembali atau mencari cuitan yang di-publish dalam delapan tahun terakhir.

“Tujuan lama kami adalah untuk membuat publik bisa mencari setiap tweet yang pernah dipublikasikan,” tulis Yi Zhuang di satu posting blog Twitter.

Bagaimana skemanya? Fungsionalitasnya sendiri masih tetap sama. Namun, pengguna bisa melihat jika kini Twitter akan tampilkan jasil yang relevan dengan pencarian. Sebelumnya, hasil pencarian akan tempatkan tweet dengan keterlibatan tertinggi di posisi teratas.

Shopee Terbaru
Twitter Permudah Pengguna Mencari Tweet Lawas
Photo by Clipchamp.com

Pada tahun 2012 lalu, Twitter berikan opsi ke user yang mengizinkan mereka untuk mengunduh tweet pribadi secara keseluruhan. Fitur tersebut dikenal dengan ‘Arsip Twitter’. Dengan fitur baru ini, tidak perlu mengunduh ‘berton-ton’ kicauan yang telah ditulis untuk mencari tweet spesifik.

Untuk menggunakannya, cukup tulis nama pengguna disertai dengan kata kunci di opsi penelusuran Twitter. Namun patut diketahui jika fitur ini tentu saja tidak berlaku bagi pengguna yang akunnya ‘digembok’ atau diproteksi.

Hanya user Twitter yang akunnya di-set publik yang bisa ditelusuri kicauannya. Namun ada sentimen negatif dari fitur ini sebab bisa mengumbar peristiwa di masa lalu. Terlebih, jika momen itu dipicu di media sosial maka jika diungkit kembali bisa mempermalukan pengguna tertentu.

Baca Juga:  Instagram Mungkinkan Balas Stories dengan Foto atau Video

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags

Rekomendasi