5 Tahapan Basic Skincare untuk Perawatan Wajah

Kulit wajah yang sehat dan bercahaya adalah impian banyak orang. Namun, untuk mencapainya diperlukan perawatan yang tepat dan konsisten. Memahami dasar-dasar perawatan kulit bukan hanya soal mengaplikasikan produk, tetapi juga mengetahui urutan dan fungsi dari masing-masing tahapan.

Basic skincare, meskipun terdengar sederhana, memiliki langkah-langkah fundamental yang bertujuan untuk memaksimalkan manfaat dari setiap produk yang digunakan. Yuk, kita mulai dengan memahami setiap tahapan dalam rutinitas basic skincare untuk perawatan wajah!

1. Cleanser

Mulailah petualangan kecantikan Anda dengan ritual pembersihan yang mendalam. Bayangkan setiap debu, makeup, dan jejak polusi lenyap seketika dari wajah Anda, memberikan canvas bersih siap untuk karya seni selanjutnya. Untuk siapapun yang ingin melangkah lebih jauh, double cleansing adalah seni pembersihan yang tiada duanya.

Shopee Terbaru

Mulailah dengan sentuhan ringan dari cleansing oil, milk cleanser, atau bahkan micellar water. Sementara babak kedua, bersenandunglah dengan face wash, menghanyutkan segala sisa dan memastikan kulit Anda benar-benar segar.

2. Exfoliating Toner dan Hydrating Toner

Exfoliating Toner dan Hydrating Toner
Foto: Facebook/Fory

Seakan-akan berdansa, kulit Anda memerlukan ritme yang pas. Exfoliating, adalah langkah menari yang enerjik, mengangkat lapisan terluar kulit yang sudah tak berfungsi, membuat wajah Anda kembali bercahaya, terhindar dari ancaman jerawat dan kerutan. Setelah itu, tiba saatnya untuk slow dance dengan hydrating toner.

Ia berbisik lembut, memeluk kulit Anda dengan kelembapan, memastikan bahwa setelah tarian yang menguras energi, kulit Anda kembali ditemani hidrasi yang sempurna, siap untuk petualangan kecantikan selanjutnya.

3. Serum

Setelah membiarkan toner mengelilingi kulit Anda, saatnya menyulap dengan tetes-tetes ajaib bernama serum. Seperti penyihir yang memilih ramuan terbaik, pilihlah serum yang menyapa masalah kulit Anda, baik itu kerutan yang mengintip atau bintik hitam yang ingin bersembunyi.

Oh, tapi jangan terburu-buru! Bacalah mantra (petunjuk) yang ada di label, karena ada serum yang ingin beraksi saat matahari bersinar terang, sementara yang lain lebih suka bercengkerama saat rembulan mengambil alih.

4. Moisturizer

Moisturizer
Foto: Twitter/Findom Fairy Valentina

Bayangkan kulit Anda layaknya tanah yang subur, tentu membutuhkan air untuk tetap lembap dan hidup. Pelembap berfungsi seperti hujan lembut yang meresap, menjadikan kulit Anda semakin sehat dan bersemu merona. Saat matahari masih malu-malu, gunakan pelembap ringan yang bisa berdansa cepat dengan kulit, tanpa meninggalkan jejak.

Baca Juga:  Kulit Kusam Sering Terjadi Karena 5 Penyebab Ini

Dan saat malam tiba, gunakan pelembap yang mampu memberikan pelukan hangat pada kulit Anda. Ingat, kecantikan tidak selalu mahal. Banyak jimat kecantikan lokal yang menunggu untuk Anda jelajahi. Hanya satu pesan: jauhilah pelembap yang mengandung mantra gelap seperti merkuri atau paraben!

5. Sunscreen atau Tabir Surya

Sebelum melangkah menuju pertarungan dengan sang surya, kenakanlah tameng ajaibmu, sunscreen dengan kekuatan SPF 30. Tapi, tunggu! Jangan buru-buru, berilah waktu sekitar 15 menit agar sihirnya sempurna meresap dan melindungi kulitmu.

Jika kulitmu berwarna cokelat keemasan atau lebih gelap, perlindungan ekstra sangat diperlukan. Mengapa? Karena noda petualangan di bawah matahari terkadang menjadi luka lama yang sulit dihilangkan.

Dan, satu pesan terakhir selalu baca resep yang tertulis di label. Ada beberapa bahan seperti retinol atau retinoid yang merupakan resep malam, jadi jangan gunakan saat matahari masih bersemangat bercerita di langit!

Menjalankan rutinitas basic skincare dengan benar adalah kunci untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bercahaya. Setiap tahapan, mulai dari pembersihan hingga hidrasi, memainkan peran penting dalam memastikan kulit Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Ingatlah selalu bahwa kualitas dan konsistensi lebih penting daripada kuantitas produk yang digunakan. Dengan pengetahuan yang tepat dan dedikasi, kulit impian bukan lagi hal yang mustahil. Selalu prioritaskan kesehatan kulit Anda dan nikmati perjalanan skincare Anda dengan penuh cinta dan perhatian!

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags

Rekomendasi