Ini Sebab Mengapa Jatuh Cinta Terasa Membahagiakan

Ini Sebab Mengapa Jatuh Cinta Terasa Membahagiakan

Seseorang yang sedang jatuh cinta akan merasa lebih bahagia dibanding sebelumnya. Hal ini telah dijelaskan oleh ahli biologi, filsafat, psikologi, dan neurosains, mengenai penyebabnya.

Menurut para ahli tersebut, rasa bahagia dan senang yang terjadi saat seseorang jatuh cinta terjadi karena kebutuhan genetik untuk prokreasi, pengabadian spesies, ingin melepaskan hormon, dan mengurangi stres.

Manusia secara alamiah akan merasakan ketertarikan kepada orang lain. Ternyata ada sebab dibalik rasa tersebut. Berikut ini penjelasannya dilansir laman Yourtango.com, mengenai rasa tertarik dan bahagia saat jatuh cinta:

Shopee Terbaru

Sadar Pada Perawatan Diri

Saat seseorang merasa tertarik dengan lawan jenis, maka ia akan lebih peduli dengan penampilannya. Ia akan melakukan perawatan diri, dengan tujuan tertentu menyambut yang ia nantikan. Itu menyenangkan dan membuat antusiasme meningkat.

Senyawa Kimia Lebih Aktif

Dalam tubuh manusia ada banyak bahan kimia yang bekerja, termasuk hormon dopamin dan serotonin. Kedua bahan kimia ini banyak diproduksi saat seseorang jatuh cinta. Efek samping adanya bahan kimia ini adalah muncul perasaan ekstasi, gairah, energi, dan kebahagiaan.

Mood Berubah

Ini Sebab Mengapa Jatuh Cinta Terasa Membahagiakan
Photo by Beritaunik.net

Mood dan suasana hati berubah jadi lebih baik akibat adanya zat kimia dopamin dan serotonin.

Merasa Lebih Diterima Secara Sosial

Manusia adalah makhluk sosial, sehingga penerimaan sosial menjadi salah satu kebutuhan. Saat seseorang jatuh cinta dan punya pasangan, ia merasa lebih dihargai, diterima, dan stabil.

Harga Diri

Seorang yang melajang hingga usia tertentu sering mengalami tekanan sosial dari lingkungan. Ia akan merasa direndahkan, dan tidak diterima. Karena itu saat ia jatuh cinta dan menikah maka harga dirinya akan menjadi lebih baik serta diterima oleh lingkungan.

Tak heran jika banyak yang mencoba untuk jatuh cinta dan berusaha mencari pasangan, padahal bisa jadi pasangan tersebut kurang baik bagi mereka.

Baca Juga:  Pasangan Mungkin Selingkuh Saat Menunjukkan Sikap Seperti Ini

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags

Rekomendasi