Kulit Kusam Sering Terjadi Karena 5 Penyebab Ini

Kulit Kusam Sering Terjadi Karena 5 Penyebab Ini

Kulit yang sehat akan terlihat lebih berkilau, kencang dan tidak kusam. Untuk memperoleh kulit seperti itu Anda harus rajin melakukan perawatan, juga menjaga asupan makanan sehat serta mengurangi konsumsi gula dalam berbagai bentuk olahannya.

Sebaliknya, jika Anda merasa memiliki kulit yang kusam, maka bisa jadi Anda kerap melakukan 5 hal yang memicu kondisi kulit tampak tak sehat.

Apa saja penyebab kulit menjadi kusam tersebut? berikut penjelasannya seperti dilansir laman Cosmopolitan:

Shopee Terbaru

Kurang Tidur/Istirahat

Tidur cukup adalah salah satu kunci untuk mendapatkan kulit sehat dan kinclong. Menurut dokter kulit di New York City, Sejal Shah, saat seseorang tidur maka sel kulit akan beregenerasi. Ini terutama terjadi saat tidur malam hari. Tak heran saat Anda kurang tidur maka muncul lingkaran hitam di mata, juga jerawat akan muncul serta garis halus terlihat di permukaan kulit.

Gaya Hidup tak Sehat

Yang dimaksud dengan gaya hidup tak sehat adalah stres, emosi tak stabil, juga pola makan buruk.  “Faktor gaya hidup negatif akan sangat memengaruhi kulit Anda,” papar Shah.

Stres membuat kadar hormon kortisol naik, dan itu mempengaruhi penampilan kulit.

Kurang Lembab

Kulit Kusam Sering Terjadi Karena 5 Penyebab Ini
Photo by Hot.liputan6.com

Kulit yang kurang kelembabannya akan menjadi kering serta kusam. Gunakan krim wajah yang ringan untuk mencegah menguapnya cairan di kulit, minum cukup air, dan memakai pelembab juga disarankan.

Tabir Surya

Jangan lupa gunakan tabir surya atau SPF yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan ultra violetnya. Sinar UV akan membuat kulit cepat kering, kusam dan tak sehat.

Pori-pori Tersumbat Kotoran

Kulit wajah memiliki setidaknya 20 ribu pori-pori. Rawatlah kulit wajah dengan melakukan eksfoliasi atau pengelupasan lembut agar pori tak tertutup kotoran serta sel kulit mati. Itu bisa dilakukan dengan memakai aneka jenis masker dan scrub. Perawatan seperti facial juga membantu membersihkan pori.

Baca Juga:  Cara Gampang Hilangkan Ketombe dengan Bahan Cuka Apel

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags

Rekomendasi