Manfaat Cuka Ini Luar Biasa Untuk Kesehatan

Manfaat Cuka Ini Luar Biasa Untuk Kesehatan

Jika Anda mengira cuka hanya bisa jadi bumbu masak, maka informasi ini perlu Anda ketahui. Cuka bermanfaat juga untuk banyak hal, termasuk kesehatan. Kandungan asam asetat di dalamnya dapat berfungsi sebagai antimikroba, yang digunakan untuk membunuh atau menghilangkan mikroba berbahaya.

Jenis cuka pun cukup banyak, yakni cuka putih, cuka sari buah apel (cider), cuka anggur, dan lainnya.

Karena kandungan asam asetat tersebut maka cuka dapat membantu menghindarkan Anda dari gangguan bakteri, jamur, dan mikroba jahat.

Shopee Terbaru

Selain dicampurkan dalam makanan seperti acar, cuka putih pun bisa digunakan untuk merendam kaki. Caranya cukup dengan menambahkan beberapa bagian cuka pada air hangat. Kemudian rendam kaki selama beberapa menit hingga terasa menyegarkan.

Berikut ini beberapa manfaat merendam kaki dengan cuka putih, untuk kesehatan Anda:

Manfaat Cuka Ini Luar Biasa Untuk Kesehatan
Photo by Id.theasianparent.com

Masalah bau kaki akibat gangguan jamur dan bakteri dapat dihilangkan dengan mudah. Rendam kaki setelah usai beraktifitas dan pijat-pijat untuk membiarkannya meresap dan membersihkan kotoran di kaki. Sifat antimikroba dalam cuka akan membuat bakteri dan jamur berkurang.

Masalah kutil pada kulit umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Dengan merendam bagian tubuh yang mengalami kutil dengan cuka, maka hal itu sedikit demi sedikit diatasi karena sifat antimikrobanya.

Membunuh virus human papillomavirus (HPV). Ini adalah penyebab dari kutil, dan beberapa gangguan kesehatan kulit lainnya. Dengan merendam kulit memakai cairan cuka maka penularan virus ini bisa dikurangi.

Asam asetat dalam cuka juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya infeksi pada luka bakar.

Namun Anda perlu tahu bahwa jangan berikan cuka dalam konsentrasi tinggi, campurkan sedikit saja cuka dalam satu baskom air untuk merendam kaki. Pemakaian dalam jumlah besar bisa membuat kulit kering atau meradang.

Baca Juga:  Sering Konsumsi Steroid Bikin Usia Pria Lebih Pendek

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags

Rekomendasi