10 Cara Makeup Natural yang Tahan Lama bagi Pemula

Makeup Natural Tahan Lama

Dalam dunia kecantikan, tren makeup natural menjadi salah satu yang paling digemari. Tampilan yang segar, sederhana, namun tetap mempesona menjadi idaman bagi banyak orang. Namun, bagi pemula, menciptakan tampilan makeup natural yang tahan lama bisa menjadi tantangan tersendiri.

Mengingat banyaknya produk dan teknik yang tersedia, bagaimana caranya memilih dan menerapkan makeup agar mendapatkan hasil yang optimal? Simak panduan berikut untuk mendapatkan tampilan makeup natural yang sempurna dan tahan lama!

1. Membersihkan Wajah

Langkah awal dalam penggunaan tata rias ialah memastikan muka telah dibersihkan. Anda dapat memanfaatkan losion wajah atau pembersih, hingga mencuci muka Anda dengan sabun khusus wajah.

Shopee Terbaru

Tujuan dari langkah ini adalah untuk memastikan muka bersih dari debu dan kotoran yang dapat mengganggu hasil tata rias. Muka yang bersih akan memfasilitasi tata rias menempel dengan baik pada kulit.

Anda tentu tidak menginginkan adanya kotoran yang menyumbat pori-pori, oleh sebab itu, pastikan muka Anda bersih sebelum tata rias diaplikasikan.

2. Menggunakan Moisturizer

Menggunakan Moisturizer
Foto: Twitter/BukaReview

Tahap berikutnya ialah mengaplikasikan pelembap untuk memastikan kelembapan alami kulit wajah terjaga. Pelembap berperan dalam menghidrasi dan merangsang produksi minyak alami sehingga menjaga tekstur kulit tetap elastis.

Gunakan pelembap dengan takaran yang sesuai agar tidak menghasilkan minyak berlebih. Diamkan selama beberapa menit agar pelembap meresap sebelum beralih ke langkah berikutnya.

Sebagai tambahan, Anda mungkin ingin mencoba Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel, pelembab dengan bahan-bahan berkualitas yang telah teruji kualitasnya.

3. Menggunakan Primer

Mengabaikan penggunaan dasar tata rias atau primer saat memakai tata rias? Anda disarankan untuk tidak mengesampingkan langkah ini karena primer membantu menciptakan hasil tata rias yang halus dan sempurna.

Primer membantu tata rias bertahan lebih lama dengan melindungi dari keringat dan kelebihan minyak. Pastikan juga untuk menggunakan semprotan pengunci tata rias agar tata rias lebih tahan lama dan tidak mudah luntur.

4. Menggunakan Foundation

Dasar rias, yang dikenal sebagai foundation, memiliki fungsi untuk menyamakan warna kulit serta menyempurnakan riasan wajah. Sebagai alternatif dari foundation, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan BB cream yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Baca Juga:  Kulit Kusam Sering Terjadi Karena 5 Penyebab Ini

Pilihlah dasar rias dengan warna yang serasi dengan warna kulit agar hasilnya tampak alami. Tidak dianjurkan untuk memilih dasar rias dengan daya tutup yang terlalu intens. Walaupun dasar rias jenis tersebut dapat menghasilkan kulit yang tampak sempurna, namun bisa memberikan kesan ‘berat’ dan kurang alami.

Untuk tata rias alami, gunakanlah foundation dengan daya tutup ringan atau sedang. Anda juga dapat memilih dasar rias berbentuk bedak yang memiliki tekstur lebih ringan.

5. Menggunakan Concealer

Langkah dalam tata rias wajah selanjutnya adalah penerapan korektor atau concealer. Ada dua jenis utama korektor, yaitu yang bertekstur cair dan yang bertekstur padat. Korektor cair cocok untuk menutupi area wajah yang luas dengan lapisan tipis.

Sementara korektor bertekstur padat sangat sesuai untuk menutup area wajah yang lebih spesifik dengan lapisan yang tebal.

6. Sapukan Bedak

Sapukan Bedak
Foto: Facebook/Chanda Shandra

Apabila Anda telah menyelesaikan tahapan dasar rias, langkah berikutnya dalam tata rias alami adalah penerapan bedak. Bagi pemula, dianjurkan untuk memakai bedak berjenis serbuk atau bedak tabur.

Namun, tidak ada salahnya juga bagi pemula untuk mencoba bedak compact atau padat. Bagi Anda dengan kulit berminyak atau memiliki jerawat, bedak tabur adalah pilihan yang dianjurkan.

Kredivo Terbaru

Sementara bagi mereka dengan kulit normal atau kering, bedak padat bisa menjadi pilihan. Pastikan untuk mengaplikasikan bedak dengan merata untuk mendapatkan tampilan yang sempurna.

7. Sapukan Blush On

Untuk mendapatkan wajah yang tampak segar namun tetap alami, Anda disarankan menambahkan perona pipi dengan warna peach atau merah muda. Aplikasikan dengan mengikuti kontur tulang pipi, lalu sebarkan dengan kuas.

Jika Anda menghendaki hasil yang tampak lebih alami, Anda dapat menyebarkan perona pipi dengan menggunakan ujung jari. Beberapa merek lokal seperti Emina, Somethinc, dan Luxcrime, serta merek lokal lainnya, bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang menginginkan pipi yang tampak merona.

8. Menggunakan Eye Shadows

Dianjurkan untuk memakai bayangan mata dengan warna cokelat atau beige untuk tampilan riasan yang alami. Cobalah aplikasikan bayangan mata dengan teknik gradasi agar warna pada kelopak mata tampak lebih alami.

Baca Juga:  5 Tips Merawat Kulit Wajah Untuk Pria

Untuk memperkuat tampilan, jangan lupa gunakan maskara untuk membuat bulu mata tampak lebih menonjol.

9. Menggunakan Lipstik

Sebenarnya terdapat beragam jenis pemerah bibir di luar lipstik, seperti lip tint, lip stain, dan lip cream. Pilihlah warna yang cenderung netral dan tidak terlalu mencolok, seperti warna nude, peach, atau merah muda agar tampilan riasan tampak alami.

Jika bibir Anda sudah memiliki warna merona alami, Anda cukup memakai lip balm atau lip gloss untuk membuat bibir tampak lembap dan sehat.

10. Setting Spray

Langkah terakhir dalam tata rias bagi pemula adalah penggunaan semprotan pengunci rias atau bedak pengunci rias. Jika Anda menginginkan riasan yang bertahan lama, maka penggunaan semprotan atau bedak pengunci rias menjadi penting.

Memulai perjalanan dalam dunia makeup memang memerlukan kesabaran dan praktik. Namun, dengan pemahaman dasar dan teknik yang tepat, Anda bisa menciptakan tampilan makeup natural yang memukau dan bertahan lama.

Ingatlah bahwa makeup adalah bentuk ekspresi diri, jadi jangan ragu untuk bereksperimen dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Dengan latihan dan ketekunan, Anda akan semakin mahir dan percaya diri dalam menampilkan versi terbaik dari diri Anda. Selamat berkreasi dan menikmati setiap prosesnya!

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags

Rekomendasi