15 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat yang Perlu Dicoba

Makanan Diet Sehat

Makanan adalah sumber energi bagi tubuh, tetapi pilihan makanan yang tepat dapat menjadi kunci sukses dalam menjalankan diet sehat.

Bukan hanya soal mengurangi porsi atau menghindari makanan tertentu, diet sehat lebih pada memilih sumber nutrisi yang berkualitas untuk mendukung kinerja tubuh sekaligus membantu mencapai tujuan penurunan berat badan.

Dalam perjalanan menuju tubuh yang lebih sehat dan ideal, ada beberapa makanan yang memegang peranan penting dan layak untuk Anda masukkan dalam daftar konsumsi sehari-hari. Mari kita jelajahi rekomendasi makanan tersebut.

Shopee Terbaru

1. Telur

Telur
Foto: Twitter/Amanz

Telur bukan sekadar makanan sehari-hari. Bayangkan, dalam satu butir telur, Anda akan memperoleh 72 kalori, 6 gram protein, serta harta karun mineral dan vitamin. Kekenyangan dengan protein tinggi yang dimilikinya membuat rasa lapar Anda pun bersembunyi! Ingatlah untuk merebusnya sebagai opsi terbaik agar menjauh dari lemak tak diinginkan minyak goreng.

2. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging Sapi Tanpa Lemak
Foto: Twitter/Blibli

Lupakan mitos bahwa daging adalah musuh saat diet. Di balik kulitnya yang tebal, ada ‘perhiasan’ daging tanpa lemak, terutama di area leher dan has luar. Nikmati kekayaan protein, zat besi, vitamin, mineral, zinc, dan vitamin B12 dengan cara memasak yang sehat, seperti merebus, mengukus, atau memanggang tanpa lemak.

3. Biji-bijian

Biji-bijian
Foto: Twitter/@DeRight

Bukan hanya kentang, biji-bijian seperti quinoa, oats, dan sejenisnya memberikan karbohidrat dengan pesona lebih. Bayangkan menggabungkan nasi putih dengan chia seeds, mendapatkan kelezatan sekaligus memotong kalori nasi dan menambah nutrisi. Benar-benar keputusan cerdas!

4. Salmon

Salmon
Foto: Facebook/Farah Quinn

Salmon adalah bintang di dunia ikan yang membawa berita baik bagi para pejuang diet. Selain protein rendah lemak yang luar biasa, salmon juga memiliki kemampuan istimewa untuk mengendalikan nafsu makan Anda.

Tidak hanya itu, sebuah studi dari PLos One bahkan mengungkapkan keajaiban lemak omega-3 di dalam salmon yang dapat mengusir lemak perut. Tidak heran bila salmon dengan kalori minimnya menjadi pilihan utama mereka yang tengah mendambakan tubuh ideal.

5. Jagung

Jagung
Foto: Twitter/KAYYA

Selain menyuguhkan kenikmatan, jagung adalah jawaban dalam petualangan diet Anda! Dengan kandungan karbohidrat dan proteinnya yang menawan, jagung berperan merangsang metabolisme dan menawarkan kenyang berlama-lama.

Baca Juga:  Manfaat Cuka Ini Luar Biasa Untuk Kesehatan

Nikmati kenikmatannya dengan cara direbus atau dibakar polos untuk menciptakan kesempurnaan. Kegemilangan yang tak terduga dalam diet Anda

6. Dada Ayam

Dada Ayam
Foto: Facebook/Ruth Diannova

Dada ayam, dengan pesonanya, menjanjikan kalori rendah namun protein yang memukau. Bayangkan, hanya dengan 85 gram dada ayam mentah, Anda hanya akan memperoleh sekitar 100 kalori.

Ditambah dengan kemewahan niasin, selenium, dan vitamin B12, dada ayam menjadi pilihan sempurna. Untuk menciptakan mahakarya, olah dada ayam dalam sup dengan tambahan sayuran elegan seperti wortel dan brokoli.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan
Foto: Twitter/KAYYA

Kacang-kacangan, dengan segala kekayaannya, adalah bintang dalam dunia diet. Deretan vitamin, mineral, zat besi, dan folat dalam setiap bijinya menjadi benteng untuk tubuh Anda. Tidak lupa, protein dan serat yang memanjakan Anda dengan kenyang berkepanjangan. Variasikan dengan kacang kedelai, kacang tanah, atau kacang merah untuk pesta rasa yang tiada henti. Symphony nutrisi yang menggoda.

8. Apel

Apel
Foto: Twitter/Gerubok COM

Apel, dengan kejernihannya, bukan sekadar buah. Sebagai buah dengan 85% kandungan air, apel menjadi jawaban dalam menjaga kenyang tanpa khawatir berlebihan kalori. Tak heran bila apel menduduki tahta dalam satiety index.

Konsumsi apel segar berbanding jus, dan rasakan magisnya dalam membantu Anda menuju tubuh ideal. Apel adalah permata alam yang membantu anda melangsingkan diri.

9. Alpukat

Alpukat
Foto: Twitter/fachrurrozi | KANG PULSA 

Alpukat bukan sekedar buah, tapi kekayaan alam dengan lemak sehat dan karbohidrat minim. Bersembunyi di balik warna hijau cerahnya, terdapat asam oleat tak jenuh tunggal, saudara dari lemak dalam minyak zaitun.

Ditambah dengan kandungan air dan serat, alpukat menjadi teman setia yang membuat Anda kenyang lebih lama, terbukti meningkatkan rasa kenyang hingga 26%. Jadikan makan siang Anda lebih spesial dengan setengah buah alpukat!

Kredivo Terbaru

10. Ubi

Ubi
Foto: Facebook/Farzana

Ubi, dengan ragam warnanya, muncul sebagai bintang diet masa kini. Dengan nutrisi berlimpah dan kalori minimal, ubi mengajak Anda menikmati lezatnya hidangan tanpa rasa bersalah. Plus, ubi juga berjanji menjaga keseimbangan gula darah Anda.

11. Buah Beri

Buah Beri
Foto: Twitter/KKMalaysia

Buah beri, dengan keindahan dan kesegaran warnanya, adalah pilihan camilan yang siap menemani perjalanan diet Anda. Blueberry, raspberry, dan blackberry menyajikan kalori yang begitu ringan, dengan kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang mewah.

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Parah

Serat tinggi di dalamnya pun akan menenangkan hasrat makan Anda, memastikan Anda tetap fokus pada tujuan diet. Permata kecil dengan manfaat besar.

12. Gandum

Gandum
Foto: Facebook/KlikDokter

Gandum, dengan kandungan seratnya yang kaya, adalah jawaban untuk mereka yang mencari kenyang berkepanjangan. Gantikan sumber karbohidrat Anda dengan gandum dan saksikan bagaimana Anda terhindar dari makan berlebihan.

Pilih gandum utuh, dan mulailah hari Anda dengan sarapan gandum untuk memastikan langkah diet yang sehat. Gandum merupakan sumber energi terbaik untuk petualangan Anda.

13. Oatmeal

Oatmeal
Foto: Facebook/Mimpi Sleep

Berlayar dalam dunia diet, oatmeal muncul sebagai kapten yang mumpuni. Dibalut dengan serat penuh gizi, khususnya serat larut air beta-glucan, oatmeal menjanjikan pencernaan yang lambat sekaligus penyerapan karbohidrat yang optimal.

Dibanding kudapan pagi lainnya, oatmeal bagaikan tameng yang menahan lapar, menjaga Anda dari godaan kalori sepanjang hari.

14. Yogurt

Yogurt
Foto: Twitter/Rin

Dengan probiotik sebagai bintang utamanya, yogurt berperan aktif merangsang kerja usus, menjauhkannya dari peradangan dan resistensi leptin, musuh dalam selimut bagi berat badan Anda.

Greek yogurt, dengan proteinnya yang melimpah, bersama dengan kandungan asam, menjadikan kenyang bukan sekadar perasaan sementara. Saat memilih, berpihaklah pada yogurt berlemak tinggi untuk menjauh dari risiko obesitas dan diabetes. Dan ingat, jauhkan diri dari godaan yogurt rendah lemak dengan gula berlebih!

15. Tahu & Tempe

Tahu & Tempe
Foto: Facebook/KlikDokter

Tahu dan tempe, legenda kuliner nusantara yang tak lekang oleh waktu. Sederhana, namun kaya dengan protein dan nutrisi lain yang memanjakan tubuh. Di dalam kedua makanan ini tersimpan antioksidan kuat dan sifat antibakteri yang melindungi.

Saat menyantapnya dalam rangka diet, biarkan tahu dan tempe menyapa Anda dalam bentuk rebusan, bukan gorengan, agar kualitas nutrisinya tetap terjaga dengan sempurna.

Setiap makanan memiliki cerita dan manfaatnya sendiri dalam mendukung diet sehat. Memilih untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan alami tentunya bukan hanya berdampak pada angka timbangan, tetapi juga pada kualitas kesehatan dan kehidupan kita.

Dengan mengintegrasikan rekomendasi makanan ini ke dalam menu sehari-hari, Anda tidak hanya berinvestasi pada bentuk tubuh yang diinginkan, tetapi juga pada kesejahteraan jangka panjang. Biarkan setiap gigitan menjadi langkah positif menuju kesehatan yang lebih baik dan tubuh yang lebih harmonis. Selamat mencoba dan menikmati setiap rekomendasi yang telah disajikan!

Baca Juga:  Makan Melon Yuk dan Dapatkan Manfaat Kecantikan Ini

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags

Rekomendasi