Duangjay Samaksamam Punya Tangan Raksasa Akibat Penyakit Langka

Duangjay Samaksamam Punya Tangan Raksasa Akibat Penyakit Langka

Duangjay Samaksamam, wanita asal Thailand ini, memiliki tangan berukuran sangat besar. Jika ditimbang beratnya antara tangan kanan dan kiri totalnya mencapai 9,5 kilogram. Kejadian aneh yang dialami Duangjay ini termasuk jarang ditemui. Dia didiagnosis memiliki penyakit yang disebut macrodystrophia lipomastosa, yang merupakan penyakit langka.

Pembengkakan tubuh yang dialami Duangjay sifatnya menjalar dari bahu menuju ke jari tangan. Wanita 59 tahun punya penyait yang belum ditemukan obatnya. Dari sisi medis, menurut dokter yang menangani Duangjay, jalan satu-satunya harus dipotong organnya (amputasi). Umumnya macrodystrophia lipomastosa menimbulkan pembekakan di tangan dan kaki. Namun Duangjay hanya mengalaminya pada tangan.

Akibat penyakit tersebut, Duangjay yang bermukim di Surin, Thailand, ini mengaku sangat tidak nyaman dengan aktivitas hariannya. Banyak hambatan yang dirasakannya walupun hanya untuk tindakan yang ringan.

Shopee Terbaru
Duangjay Samaksamam Punya Tangan Raksasa Akibat Penyakit Langka
Photo by Merdeka.com

“Tanganku begitu berat, saya hampir tidak bisa mengangkatnya untuk menyisir atau keramas rambut dan itu sangat sulit,” kata Duangjay, seperti dikutip Okezone yang melansir Daily Mail.

Duangjay lebih banyak menutup diri selama 20 tahun terakhir. Di masa mudanya juga tidak pernah bersekolah. Banyak dokter dunia yang berusaha mengusahakan agar pembengkakan di tangan Duangjay berkurang. Namun, hal itu masih belum membuahkan hasil.

“Beberapa dokter mengatakan satu-satunya solusi adalah dengan memotong tangan saya jika ingin berjalan-jalan dengan bebas. Tapi, saya tidak ingin melakukan itu,” katanya.

Baca Juga:  Mangli Munda Gadis Asal India yang Menikah dengan Anjing

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags

Rekomendasi