Daun Mengkudu Untuk Melezatkan Masakan, Ini Manfaatnya

Daun Mengkudu Untuk Melezatkan Masakan, Ini Manfaatnya

Daun mengkudu ternyata dapat digunakan untuk melezatkan beberapa jenis masakan, bahkan menurut Pakar Kuliner  William Wongso, tekstur dan aromanya mirip dengan rumput laut.

Tidak seperti buahnya yang berbau kurang sedap, daun mengkudu menyimpan aroma yang lebih baik. William Wongso bahkan menyarankan jika Anda kehabisan stok rumput laut (nori) di rumah maka bisa mengambil daun berwarna hijau tua itu sebagai pengganti.

Misalnya dalam memasak nasi goreng, Anda dapat menambahkan daun mengkudu yang dirajang halus untuk memberi manfaat nutrisi dan jug aroma.

Shopee Terbaru

Untuk pengolahannya, William Wongso menyarankan untuk menghilangkan bagian tulang daun bagian tengahnya. Selain itu pilihlah daun mengkudu yang masih muda.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa diperoleh jika menggunakan daun mengkudu untuk masakan, seperti dilansir laman Healthierstep:

Kekebalan Tubuh Meningkat

Daun mengkudu dapat mengaktifkan makrofag dalam tubuh, sehingga menghasilkan limfosit lebih banyak. Ini artinya sistem kekebalan tubuh juga bertambah. Selain itu terdapat sifat antibakteri pada daun mengkudu yang membantu menyingkirkan bakteri jahat penyebab penyakit.

Menenangkan

Mengonsumsi daun tersebut juga memberi efek menenangkan, karena merangsang dihasilkannya serotonin dan melatonin atau hormon yang berfungsi menenangkan. Hormon ini juga membantu memperbaiki kualitas tidur.

Anti Kanker

Daun Mengkudu Untuk Melezatkan Masakan, Ini Manfaatnya
Photo by Balipost.com

Daun hijau ini mengandung sifat anti-kanker sehingga meminimalisir berkembangnya sel abnormal pemicu kanker. Zat itu bernama oksidanitrat yang mencegah replikasi sel kanker. Juga ada imunomodulator dengan manfaat yang sama.

Anti Radikal Bebas

Kandungan fitonutrien dalam daun mengkudu, juga selenium dan vitamin C pada daun tersebut berguna untuk melawan radikal bebas.

Serap Kolesterol

Kolesterol yang jadi musuh kesehatan, dapat juga dilawan dengan konsumsi daun mengkudu.

Aktifkan Kerja Otak

Saat otak merasa lelah berpikir atau lambat bekerja, maka daun mengkudu bisa mengaktifkannya. Ini karena efek dari kolesterol jahat yang diserapnya. Kolesterol jahat menyumbat pembuluh darah yang membuat pasokan darah berisi nutrisi dan oksigen ke otak terhambat.

Sehatkan Pencernaan dan Usus

Serat larut dalam mengkudu tinggi sehingga baik dan menyenangkan sistem pencernaan.

Baca Juga:  8 Penyebab Rambut Rontok pada Pria dan Cara Mengatasinya

Menambahkan daun mengkudu pada masakan adalah cara mudah untuk jadi lebih sehat bukan?

Also Read

Bagikan:

Regina B

Regina suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags