Curug Kapak Kuda, Air Terjun Beringkat dengan Suasana Alam Nan Asri di Majalengka

Curug Kapak Kuda, Air Terjun Beringkat dengan Suasana Alam Nan Asri di Majalengka

Curug Kapak Kuda mengundang Anda menikmati keindahan alam yang memukau di Majalengka dengan gemuruh air terjun Beringkat yang mempesona dan suasana alam yang masih alami.

Dijuluki sebagai kota angin, Majalengka memiliki suasana alam yang begitu sejak. Tidak heran jika cukup banyak objek wisata alam yang dapat ditemukan di sana.

Salah satunya yang patut untuk anda kunjungi saat berlibur di Majalengka yaitu Curug Kapak Kuda. Air terjun ini menjadi destinasi yang cocok bagi para penikmat alam, terutama yang membutuhkan refreshing untuk menghilangkan penat.

Shopee Terbaru

Daya Tarik Wisata Curug Kapak Kuda

Daya Tarik Wisata Curug Kapak Kuda
Foto: Google Maps/Endah Asmo

1. Memiliki Suasana Alam yang Sejuk

Air Terjun Kapak Kuda diapit oleh tebing batu yang penuh dengan pepohonan rindang. Suasana alamnya di sekitar masih sangat alami, sehingga udaranya terasa begitu bersih dan sejuk.

Apalagi selain tebing batu yang dihiasi pepohonan rimbun, ada pula hamparan sawah yang menjadi pemandangan utama di Air Terjun Kapak Kuda.

Jadi sejauh mata memandang anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang sangat menyegarkan mata.

Angin yang berembus semilir dan panorama alam tersebut akan membantu menjernihkan pikiran. Tidak heran jika warga Majalengka pun sering berkunjung kemari di akhir pekan untuk refreshing.

2. Merupakan Air Terjun Berundak

Curug Kapak Kuda merupakan air terjun berundak yang begitu memikat mata. Air terjunnya terdiri atas dua tingkatan dengan ketinggian kurang lebih 20 meter.

Aliran air terjun di tingkat pertama mempunyai ketinggian yang lebih tinggi ketimbang aliran di tingkat kedua. Namun aliran airnya sangat bergantung pada musim yang ada.

Tentunya debit air akan semakin tinggi pada saat musim hujan, dimana momen tersebut menampilkan wajah air terjun yang paling indah.

Akan tetapi, waktu terbaik untuk bermain air di sini adalah pada saat musim kemarau. Apalagi jika anda datang bersama anak anak, maka akan lebih aman saat aliran air tidak terlalu deras.

Tidak perlu khawatir, Air Terjun Kapak Kuda tetap mengalir dengan baik meskipun musim kemarau. Karena bagaimanapun air terjun ini berfungsi sebagai sumber mata air bagi warga yang tinggal di sekitar.

Baca Juga:  Tempat Wisata ‘Kota Mati’ Makin Banyak Disukai Turis

Selain itu alirannya juga digunakan untuk mengairi area persawahan yang terdapat tidak jauh dari lokasi air terjun.

Alamat dan Rute Mudah Menuju Lokasi

Air Terjun Kapak Kuda berada di Desa Sadawangi, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka. Dari pusat kota, jaraknya sekitar 45 kilometer atau bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Anda bisa mengikuti jalan ke arah Sumedang apabila berangkat dari arah pusat kota.

Aksesnya jalannya tidak begitu lebar, namun sudah beraspal sehingga tidak terlalu sulit untuk dilalui. Dan selama perjalanan menuju lokasi anda akan disuguhi view yang sangat memukau.

Di sekeliling tampak perbukitan hijau dan terasering persawahan yang sangat cantik. Kemudian masuk gapura Desa Sadawangi, nantinya jalanan akan terus menanjak.

Anda bisa berkendara ke arah kiri sekitar 200 meter dari pintu masuk desa. Karena setelahnya sudah tidak ada jalan lagi, maka pengunjung dapat menumpang parkir di rumah rumah penduduk.

Kredivo Terbaru

Perjalanan ke curug kemudian dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 300 meter, melewati pematang sawah dan saluran irigasi.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan
Foto: Google Maps/Endah Asmo

1. Trekking Menuju Curug

Perjalanan menuju curug dengan cara trekking berjalan kaki menjadi aktivitas yang menyenangkan. Karena selama perjalanan sudah begitu terasa udara sejuk air terjun dan suara aliran airnya yang seolah memanggil dari kejauhan.

Pemandangan hijau yang menyegarkan mata juga akan menyapa anda selama trekking menuju curug.

2. Bermain Air

Jika berkunjung ke air terjun kurang afdol rasanya apabila tidak sekaligus bermain air. Curug utamanya berada di atas, di sana anda bisa bermain air di kolam yang menampung aliran dari air terjun. Kolamnya tidak begitu dalam sehingga pengunjung dapat bermain air di dekat curug.

Selain itu kolam ini pun cukup lebar, sehingga anda tetap bisa puas bermain meskipun datang saat banyak pengunjung. Apalagi aliran airnya masih bersih, memberikan kesegaran tersendiri ketika anda membasuh wajah.

Jadi jangan lupa untuk membawa pakaian ganti saat berkunjung ke Curug Kapak Kuda. Sebab sangat disayangkan apabila berkunjung ke sini tanpa merasakan bermain di aliran airnya yang jernih dan segar.

Baca Juga:  Umbul Sidomukti, Objek Wisata Air Hits Bernuansa Alam di Semarang

3. Berburu Foto

Bagi masyarakat millenials, hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke suatu objek wisata tentunya adalah mengabadikan momen untuk dibagikan ke media sosial.

Begitu pula saat anda berkunjung ke Air Terjun Kapak Kuda. Apalagi air terjun ini punya pemandangan yang begitu indah.

Anda bisa berfoto di dekat tebing dengan latar belakang air terjun, persawahan, hingga gunung yang tampak dari kejauhan. Boleh juga berfoto sambil bermain air di dekat curug.

Kedua spot tersebut merupakan favorit bagi wisatawan yang pernah datang kemari. Pesona alamnya yang indah membuat anda bahkan tidak perlu lagi mengedit foto yang dihasilkan.

Fasilitas yang Ditawarkan Curug Kapak Kuda

Berbicara mengenai fasilitasnya, fasilitas yang disediakan di Air Terjun Kapak Kuda masih cukup terbatas karena perawatannya memang kurang optimal.

Oleh karena itu, sebaiknya anda membawa sendiri logistik yang diperlukan selama berlibur kemari. Seperti baju ganti hingga tikar sebagai alas apabila ingin piknik di sekitar air terjun.

Warung yang ada di sekitar air terjun pun tidak begitu banyak. Jadi tidak ada salahnya anda membawa bekal dari rumah, atau membeli persediaan makanan dan minuman di jalan menuju lokasi.

Di Desa Sadawangi ada banyak warung yang akan anda lewati, sehingga anda bisa membeli apa yang dibutuhkan di sana.

Ada cukup banyak objek wisata alam yang cocok dituju sebagai tempat refreshing di Majalengka, Air Terjun Kapak Kuda ini salah satunya.

Meskipun fasilitasnya memang belum cukup memadai layaknya destinasi lain, namun keindahannya sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Pesona air terjun berundak tentu tidak dapat anda temukan di semua tempat.

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Rekomendasi