Cara Mudah Merawat Gigi yang Memakai Behel

Cara Mudah Merawat Gigi yang Memakai Behel

Untuk merapikan posisi gigi yang berantakan, behel adalah jalan yang banyak dipilih. Merawat gigi yang memakai behel tentu berbeda dengan perawatan gigi tanpa behel atau kawat. Tidak sulit, hanya memang membutuhkan lebih banyak kesabaran dan waktu.

Adanya behel dan kawat serta karet penahannya di mulut Anda bisa menimbulkan penumpukan sisa makanan di sela-selanya. Ini membuat bakteri serta plak tumbuh subur apabila tidak dibersihkan dengan sempurna.

Cara mudah merawat gigi yang memakai behel adalah dengan rajin menyikat gigi bila usai makan. Gunakan pasta gigi yang memakai fluoride dan sikat dengan lembut. Cek ulang sela-sela kawat gigi, bila terdapat sisa makanan yang kurang bersih digosok.

Shopee Terbaru
Cara Mudah Merawat Gigi yang Memakai Behel
Photo by Sehatq.com

Anda bisa gunakan sikat gigi proxabrush yang mempunyai bentuk mirip dengan pohon natal kecil. Desain sikat gigi ini efektif membersihkan sela kawat dan karet penahan behel. Sikat dari posisi bawah ke atas dan juga sebaliknya, setiap usai makan.

Jangan lupa berkumur dengan obat kumur untuk meminimalkan pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Pertumbuhan bakteri ini bisa memicu bau mulut juga, jadi lebih baik menjaga.

Bila terjadi sariawan karena gesekan kawat dan mulut, Anda bisa gunakan obat sariawan yang banyak dijual di apotek. Minimalkan konsumsi makanan keras dan lengket bila Anda sedang memakai behel, sebab cukup sulit membersihkannya. Jangan lupa untuk melakukan kontrol ke dokter gigi bila waktunya sudah tiba.

Baca Juga:  8 Komplikasi yang Bisa Terjadi Setelah Operasi Plastik

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags

Rekomendasi