15 Buah untuk Diet yang Membantu Turunkan Berat Badan

Buah Turunkan Berat Badan

Dalam perjalanan menuju tubuh yang lebih sehat dan ideal, makanan yang kita konsumsi memainkan peran penting. Salah satu komponen makanan yang sering direkomendasikan oleh ahli gizi adalah buah.

Tidak hanya kaya akan vitamin, mineral, dan serat, beberapa buah juga memiliki kandungan yang dapat mendukung program penurunan berat badan.

Memasukkan buah-buah tertentu ke dalam menu harian Anda tidak hanya memperkaya asupan nutrisi tetapi juga membantu mempercepat proses penurunan berat badan secara alami.

Shopee Terbaru

1. Pisang

Pisang
Foto: Twitter/Harian Jogja

Saat mendengar kata ‘pisang’, apakah yang Anda bayangkan? Buah kuning dengan rasa manis? Tetapi, taukah Anda, pisang adalah perisai ajaib yang menawarkan lebih dari sekadar rasa.

Dengan 3 gram serat dalam setiap gigitannya, pisang mampu menjaga Anda kenyang lebih lama, menaklukkan nafsu makan tak terkendali, dan bahkan mempercepat pembakaran lemak tubuh!

2. Jeruk

Jeruk
Foto: Facebook/Fitriani

Jeruk, buah berwarna cerah yang sarat dengan vitamin C ini, sebenarnya memiliki rahasia lain. Selain menyegarkan, jeruk membanggakan dirinya dengan kandungan serat alami yang mencegah perut Anda merasa kosong terlalu cepat.

Ditambah lagi, jeruk terdiri dari hampir 90% air, memberikan sensasi kenyang tanpa berlebihan. Sapaan segarnya membuat Anda berpikir dua kali sebelum meraih camilan lain.

3. Alpukat

Alpukat
Foto: Twitter/fachrurrozi | KANG PULSA

Jangan terkecoh dengan tekstur lembut alpukat. Di balik teksturnya yang creamy, alpukat menyembunyikan lemak sehat yang dapat menurunkan berat badan Anda.

Mengapa? Karena lemak tersebut dikenal dapat meningkatkan perasaan kenyang dan menahan serangan kelaparan. Karena itu, kenikmatan alpukat tak hanya ada di rasanya, tapi juga pada manfaatnya!

4. Buah Beri

Buah Beri
Foto: Twitter/KKMalaysia

Saat Anda menyantap buah beri, Anda bukan hanya menikmati rasa manisnya, namun Anda sedang berhadapan dengan tentara serat yang bersemayam di dalamnya! Mereka tidak hanya memerangi kolesterol jahat dan menstabilkan tekanan darah, tapi juga memerangi peradangan yang bisa menjadi masalah bagi mereka dengan berat berlebih.

Perlindungan terhadap radikal bebas dan peradangan? Ya, itulah buah beri. Jelajahi keajaibannya dengan menambahkannya pada sereal, yogurt, salad, atau smoothie Anda.

5. Stroberi

Stroberi
Foto: Facebook/Mel

Stroberi, buah merah yang gemilang ini, bukan hanya manis di lidah, tapi juga di hati. Pasalnya, dengan kekayaan asam folat, air, dan kalori yang minim, stroberi menjadi sekutu Anda dalam misi penurunan berat badan.

Baca Juga:  Sakit Kudis Bikin Malu, Segera Obati dengan Bahan Alami Ini

Tapi tunggu dulu, daun stroberinya pun tak kalah menawan! Rebuslah daun stroberi dan nikmati sebagai teh yang menguatkan daya tahan tubuh Anda.

6. Nanas

Nanas
Foto: Facebook/Zakiyya Azzahra

Siapa sangka balik kulit kasar nanas tersimpan festival enzim yang bisa memanjakan pencernaan Anda? Terutama bromelain, enzim ajaib yang membantu tubuh memecah protein dengan lembut.

Kesehatan pencernaan yang prima berarti kontrol nafsu makan yang lebih baik dan potensi penurunan berat badan yang lebih besar. Ditambah lagi, nanas memiliki serat yang membuat Anda kenyang dalam waktu lama.

Faktanya, meningkatkan asupan serat adalah kunci utama dalam perjuangan melawan obesitas. Jadi, tanpa berpikir dua kali, sambutlah nanas ke dalam daftar makanan harian Anda!

7. Semangka

Semangka
Foto: Facebook/Watsons

Sebuah kanvas air berwarna merah muda, semangka memiliki 90% kandungan air yang menjadikannya sumber hidrasi sempurna. Mau trik cepat turun berat badan? Jelajahi kenikmatan semangka! Selain menjaga rasa kenyang, dia juga adalah penjaga ginjal yang baik, mengusir racun dengan anggun.

Kredivo Terbaru

8. Apel

Apel
Foto: Twitter/Gerubok COM

Apel bukan hanya buah; itu adalah janji untuk siluet yang lebih ramping. Kaya akan serat dan dengan kalori seadanya, apel memeluk perut Anda dengan pektin yang memastikan pencernaan berjalan mulus. Dan ingat, jangan buang kulitnya! Sebab di situlah serat tambahan bersembunyi, menanti untuk memberi Anda kebaikan ekstra.

9. Kiwi

Kiwi
Foto: Facebook/POND’S 

Dengan kilau hijau dan nutrisi yang melimpah, kiwi adalah sahabat diet Anda. Seratnya yang berlimpah menjanjikan pencernaan yang lancar, dan dengan hanya 61 kalori per 100 gram, buah ini adalah pilihan sempurna bagi mereka yang ingin mengucap selamat tinggal pada kilogram ekstra.

10. Jambu Biji

Jambu Biji
Foto: Twitter/DingDoong

Pernah membayangkan camilan rendah kalori yang memanjakan selera? Jambu biji adalah jawabannya. Kombinasi kalori minim, serat melimpah, dan vitamin C yang bercahaya menjadikannya teman setia di momen diet Anda.

Nikmati segar untuk menikmati sihir penuhnya dan rasakan bagaimana perasaan kenyang yang tulus berasal dari buah yang satu ini.

11. Ceri

Ceri
Foto: Twitter/MNC Insurance

Ceri bukan hanya permata berwarna merah; ini adalah penjaga tidur Anda. Antioksidan merah menyala dan kemampuannya untuk meningkatkan kualitas tidur membuatnya istimewa. Penelitian menunjukkan bahwa keajaiban ini mencegah kenaikan berat badan pada tikus.

Baca Juga:  15 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat yang Perlu Dicoba

Jadi, kenapa tidak kita coba? Dan ya, pastikan ceri yang Anda nikmati masih segar, karena di situlah keajaiban sebenarnya berada.

12. Pepaya

Pepaya
Foto: Twitter/Frederett

Dengan kalori yang hampir tidak ada namun berlimpah serat, pepaya adalah mantra ajaib bagi mereka yang berharap untuk ramping.

Buah tropis ini tidak hanya memikat lidah Anda, tetapi juga menenangkan usus Anda, memastikan pencernaan berjalan dengan mulus. Dan jika Anda merasa sedikit kembung, daun pepaya bisa diolah menjadi teh ajaib untuk menenangkan perut Anda.

13. Pir

Pir
Foto: Twitter/Charnhie

Dive ke dalam kelezatan buah pir dan rasakan kejutan! Selain menjadi penyihir yang menghadirkan vitamin C, pir menjanjikan serat melimpah yang akan memeluk rasa lapar Anda. Ditambah lagi, pir menjadi pahlawan kecil bagi siapa saja yang ingin menjaga kolesterol mereka tetap terkendali.

14. Grapefruit

Grapefruit
Foto: Facebook/Bintang Radler

Sebut saja ‘jeruk bali’ atau ‘pomelo’, buah ini seperti bintang rock dalam dunia diet! Kandungan gula yang sedikit namun serat yang melimpah, membuat grapefruit unggul. Sebuah penelitian bahkan mengungkap fakta menarik makan grapefruit atau menyeruput jusnya sebelum makan bisa menurunkan berat badan seseorang hingga 7,1 persen dalam 12 minggu!

Tetapi tunggu dulu, jika Anda sedang berada dalam pengobatan tertentu, pastikan untuk bicara dengan dokter sebelum berdansa dengan grapefruit ini.

15. Melon

Melon
Foto: Twitter/Doyoung, Kim.

Bayangkan menyelam ke kolam yang penuh dengan air tawar yang menyegarkan – itulah sensasi saat Anda menyantap melon. Buah yang penuh dengan air ini bukan hanya menawarkan kesegaran.

Kaya dengan serat, vitamin, dan antioksidan, melon menjadi sahabat setia bagi mereka yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan, tanpa harus berkorban dengan rasa.

Setelah mengetahui berbagai jenis buah yang mendukung program diet Anda, menjadi jelas bahwa alam telah menyediakan segala yang kita butuhkan untuk meraih kesehatan yang optimal.

Buah-buah tersebut, dengan kandungan nutrisi dan manfaatnya, bukan hanya sekadar camilan, namun menjadi senjata ampuh dalam perjalanan menuju berat badan yang diidamkan.

Ingatlah selalu untuk mengkonsumsi buah dalam keadaan segar dan hindari pengolahan yang dapat mengurangi manfaatnya. Selamat menjalani diet sehat dengan dukungan buah alami!

Baca Juga:  Hasil Penelitian: Ada Obat Diabetes yang Bisa Picu Amputasi

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags

Rekomendasi