Ben McMahon, Pria Australia yang Jago Bahasa Mandarin Setelah Koma

Ben McMahon, Pria Australia yang Jago Bahasa Mandarin Setelah Koma

Ben McMaho pria Australia yang terbiasa cas cis cus menggunakan bahasa Inggris, terpaksa lupa dengan bahasa hariannya itu pasca mengalami koma. Sebaliknya, ia malah jago berbahasa Mandarin.

Kejadian ini dialami Ben dua tahun lali. Selama sepekan ia tidak bisa berbuat apa-apa. Ben, waktu itu sedang terserang koma akibat kecelakaan lalu lintas.

Setelah melewati masa sulit, Ben akhirnya sadar. Di dalam rumah sakit, ia melihat seorang perawat di sampingnya. Apa yang diucapkan Ben saat itu? Pria Australia ini justru lupa dengan bahasa Inggris dan berbicara lancar dengan bahasa Mandarin.

Shopee Terbaru

“Maaf suster, saya merasa sakit di sini,” tutur Ben dengan bahasa Mandarin saat kali pertama sadar dari koma.

Kejadian aneh kembali terjadi. Ben ingin menuliskan sesuatu kepada kedua orang tuanya. Ia pun meminta selembar kertas kepada perawat. Dan semua kalimat yang ditulis Ben menggunakan bahasa Mandarin. Orang tua Ben dibikin pusing. Namun tim dokter terus berusaha menenangkan.

“Kami mendapat telepon dari rumah sakit dan mereka mengatakan Ben sudah bangun dari koma, tetapi dia berbicara dalam bahasa Mandarin,” tutur Mark, ayah Ben, kepada stasiun televisi Channel 10.

Ben McMahon, Pria Australia yang Jago Bahasa Mandarin Setelah Koma
Photo by International.Sindonews.com

“Tak satu pun dari kami bisa berbahasa Mandarin. Jadi kami hanya menerima pemberitahuan itu, tetapi khawatir akan hal-hal selanjutnya,” lanjut Mark.

Setelah ditelusuri, ternyata ada titik temu kenapa Ben mendadak pandai berbahasa Mandarin. Ia mengikuti pelajaran bahasa Mandarin di sekolahannya. Akan tetapi, ia belum bisa berbahasa Mandarin selancar pasca koma.

“Saya tak pernah terpikir bisa berbahasa Mandarin. Semua meluncur begitu saja dari mulut saya, nyaris alami bagi saya,” tutur Ben menceritakan fenomena yang dialaminya.

Sebagai orang Australia, sungguh aneh ketika Ben tidak lancar berbahasa Inggris. Pasca koma ia belajar kembali bahasa Inggris untuk memperlancar komunikasi harian. Berkah yang dialami Ben membawanya menjadi pemandu wisata bagi orang-orang China yang datang ke Australia.

Baca Juga:  Ted Lawson, Seniman Ini Pakai Darahnya untuk Cetak Foto Selfie

Bagikan:

Avatar photo

Annisa

Annisa suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags

Rekomendasi