Begini Akibatnya Kalau Telat Ganti Oli Mesin

Begini Akibatnya Kalau Telat Ganti Oli Mesin

Oli sangat diperlukan mesin untuk proses kerjanya. Pelumas ini menjadikan komponen mesin tidak cepat aus dan meningkatkan performa kendaraan. Oleh sebab itu, diperlukan kesadaran dari pemilik kendaraan baik mobil atau motor untuk melakukan penggantian oli secara rutin. Kalau oli tidak diganti dalam jangka lama, akibatnya bisa fatal.

Oli yang telah lama dipakai menjadikan teksturnya menjadi lengket dan menghitam. Dalam sebuah video unggahan Ocean State Tunning di laman YouTube, oli yang awalnya kental berubah menjadi kerak lengket di boks mesin mobil. Mobil yang digunakan dalam aktivitas ini adalah milik Toyota Camry yang pelumasnya tidak diganti tepat pada waktunya.

Ternyata, sebaik apapun kualitas merek kendaraan yang dibeli, tetap saja akan menurun kualitas mesinnnya saat perawatannya diabaikan. Dampaknya malah akan fatal dan berpeluang untuk merusak mesin. Padahal Toyota Camry merupakan salah satu sedan mewah yang kualitasnya tidak diragukan lagi.

Shopee Terbaru
Begini Akibatnya Kalau Telat Ganti Oli Mesin
Photo by Otomotif.okezone.com

Dalam video juga tampak bahwa pelumas sudah tidak layak terlihat tetesannya mengalir cukup pelan lantaran terlalu kotor. Oli tersebut belum dilakukan penggantian hingga sekira 4.828 kilometer.

Mengganti oli mesin dilakukan secara berjangka. Biasanya setelah mencapai jarak tempuh kilometer tertentu, oli ada baiknya diganti. Oli memiliki masa ekonomisnya tersendiri.

Baca Juga:  Warna Elektroda Busi Ini Menunjukkan Masalah pada Mesin Motor

Also Read

Bagikan:

Regina B

Regina suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags